TRANSFORMASI SASTRA DARI BIOGRAFI SEABAD ISMAIL MARZUKI: SENANDUNG MELINTAS ZAMAN KARYA NINOK LEKSONO KE DALAM DRAMA MUSIKAL PAYUNG FANTASI KARYA GARIN NUGROHO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA DI KELAS XI SMA KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Lukman Hakim Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Pasundan Bandung
  • Panca Pertiwi Hidayati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan
  • Adi Rustandi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.8890

Kata Kunci:

Kata Kunci: transformasi sastra, biografi, drama.

Abstrak

Transformasi sastra merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkaya bentuk sastra agar terus berkembang tanpa meninggalkan esensi dari bentuk awal. Selain itu, kegiatan penyaduran terhadap karya sastra dapat dijadikan acuan materi ajar bagi peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas sastra di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses transformasi sastra dari biografi Seabad Ismail Marzuki: Senandung Melintas Zaman karya Ninok Leksono ke dalam drama musikal Payung Fantasi karya Garin Nugroho dan pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar drama di SMA kelas XI kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penulis mengumpulkan data dengan cara observasi terhadap sumber data yang dikaji, yaitu buku biografi dan drama musikal terkait. Selain itu, penulis melakukan uji validasi terhadap bahan ajar yang telah disusun berdasarkan hasil penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, bentuk transformasi yang ditemukan sebanyak 7 bentuk yang terdiri dari pengurangan, penambahan, kombinasi, perubahan fungsi, perubahan bervariasi, pembaharuan topik, dan perubahan skala. Kedua, terdapat indikator yang jelas sebagai penanda adanya bentuk transformasi sastra. Ketiga, musik yang digunakan dalam drama musikal memiliki keselarasan dengan 21 tema yang ada di dalam buku biografi. Keempat, berdasarkan hasil validasi dari 2 validator terhadap Modul Ajar dan LKPD yang telah disusun, maka Modul Ajar dan LKPD dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan, bahwa buku biografi SIMSMZ dan drama musikal PF dapat dijadikan alternatif bahan ajar di SMA tepatnya di kelas XI. Kata Kunci: transformasi sastra, biografi, drama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fakhrurozi, J., & Adrian, Q. J. (2021). Kajian Dan Praktik Ekranisasi Cerpen Perempuan di Rumah Panggung ke Film Pendek Angkon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 31-40.

Hidayati, Panca Pertiwi. (2010). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: PT. Prisma Press Prodaktama.

Isra, Nur. (2017). Ekranisasi Novel ke Bentuk Film 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2017).

Juwariyah, J., & Sumartini, S. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia, 8(2), 111-118.

Padusukma, Y., dkk. (2021). Kajian Alih Wahana Novel Layar Terkembang karya Sutan Tadir Alisjahbana kedalam Siniar Layar Terkembang serta implementasinya sebagai materi ajar SMA (telaah sastra bandingan). Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 168-179.

Prabowo, Anik., dkk. (2020). Komposisi Musik Ilustrasi pada Kelompok Teater Kembang SMAN 1 Brebes. Jurnal Seni Musik, 9 (2), 100-108.

Surwondo, T. (2019). Proses Kreatif Penulisan dan Pemanggungan. Yogyakarta: Balai Bahasa DIY.

Susantono, Nurul P. (2016). Produksi Drama Musikal: Dari Ide ke Panggung. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02