MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE SAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8658Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SAS menggunakan kartu huruf untuk meningkatkan pembelajaran membaca dan menulis siswa tunagrahita kelas X SLBN kota Jambi. Jenis peneltian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini ialah siswa penilaian unjuk kerja, dan arsip atau dokumen (rpp dan hasil pekerjaan membaca dan menulis siswa), sedangkan data penelitian ini ialah hasil membaca dan menulis siswa permulaan kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik tes dan teknik nontes. Untuk memvalidasi data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS menggunakan media kartu huruf siswa tunagrahita SLBN Kota Jambi dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Sebanyak 7 orang siswa tunagrahita dengan kemampuan kecerdasan yang berbeda tidak semuanya berhasil, karna memang butuh proses dan waktu yang lama. Namun masih ada peningkatan pada siklusnya dan mampu mencapai nilai dengan predikat cukup. Penelitian selanjutnya dibutuhkan untuk menganalisis ketidakberhasilan dalam penggunaan metode ini.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.