MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE SAS

Penulis

  • Panji Logowo Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8658

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SAS menggunakan kartu huruf untuk meningkatkan pembelajaran membaca dan menulis siswa tunagrahita kelas X SLBN kota Jambi. Jenis peneltian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini ialah siswa penilaian unjuk kerja, dan arsip atau dokumen (rpp dan hasil pekerjaan membaca dan menulis siswa), sedangkan data penelitian ini ialah hasil membaca dan menulis siswa permulaan kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik tes dan teknik nontes. Untuk memvalidasi data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa penggunaan metode SAS menggunakan media kartu huruf siswa tunagrahita SLBN Kota Jambi dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Sebanyak 7 orang siswa tunagrahita dengan kemampuan kecerdasan yang berbeda tidak semuanya berhasil, karna memang butuh proses dan waktu yang lama. Namun masih ada peningkatan  pada siklusnya dan mampu mencapai nilai dengan predikat cukup. Penelitian selanjutnya dibutuhkan untuk menganalisis ketidakberhasilan dalam penggunaan metode ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01