EFEKTIVITAS METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Penulis

  • Feby Inggriyani Universitas Pasundan
  • Annisa Aisyatun SD Kartika X-3 Parongpong

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8502

Kata Kunci:

Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R, Peserta didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan peserta didik dalam membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R dengan masalah rendahnya pemahaman didalam memahami teks bacaan. Metode penelitian quasi experiment non equivalent control group design. Populasinya peserta didik kelas IV dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Perhitungannya menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan analisis data, kelas eksperiman mendapatkan hasil uji N-Gain sebesar 0,73 dan 0,67 pada kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat peningkatan rata-rata keterampilan membaca pemahaman yang menggunakan metode SQ3R dibandingkan dengan pembelajaran konvensional melalui ceramah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aminah, S. (2018). Pengaruh penggunaan metode SQ3R dalam peningkatkan kemampuan siswa memahami bacaaan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Simpang Keuramat Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 5(1), 194- 206.

Aminah, S., & Emilda. (2020). Penggunaan SQ3R dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran, 9(1), 55-63.

Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nuraisah, I. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman berbasis daring pada siswa Sekolah Dasar. Journal of primary an and children's education, 4(2), 18-27.

Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99.

Nadzifah, W. (2016). Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R siswa kelas IV SD N Katongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(28), 2721–2731.

Ma'ruf, A., Nurdin, I., & Zulfiati, S. (2020). Pengembangan materi online pada mata diklat analisis dan pemanfaatan data di pusdiklat BKKBN. Literasi dalam pendidikan di era digital untuk generasi milenial. Surabaya Februari 2020.

Maruti, E. S., & Karoma, D. L. (2022). Penerapan metode SQ3R disertai media cerita bergambar pada keterampilan membaca siswa SD. Journal of Nusantara Education, 1(2), 79–87.

Maulana, I. (2019). Efektivitas penerapan strategi SQ3R dalam memahami teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Plus Ulumul Quran Kunir tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal ilmiah STKIP Subang, 5(2), 200-261.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Yogyakarta: Deepublish.

Riani, N., Ngatman., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 6 Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 568–575.

Rifdayanti, M., & Mubarak, A. (2022). Metode SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 8(1), 40-46.

Sugiharti, R. E., Pramintari, R. D., & Destianingsih, I. (2020). Metode SQ3R sebagai solusi dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 238–247.

Widada, D. M. (2017). Implementasi strategi SQ3R membaca kritis sastra siswa MI kelas lanjut. Jurnal Paramasastra, 4(2), 323–339

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01