A Application of the Project Based Learning (PjBL) Model to the ability to write biographical texts at SMAN2 Tapung Hilir
Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi di SMAN 2 Tapung Hilir
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8491Kata Kunci:
PjBLAbstrak
Kemampuan berpikir tingkat tinggi dikuasai oleh siswa sebagai panduan dalam pelaksanaan pembelajaran berfikir kreatif dan kritis. Pemikiran tingkat tinggi dilihat sebagai kemampuan untuk berpikir kritis untuk mengembangkan hubungan melalui proses otak yang paling mendasar.Untuk mengatasi masalah kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks biografi, peneliti menilai dengan diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), karena model pembelajaran ini mampu menyelesaikan masalah kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMAN 2 Tapung Hilir.Kajian ini termasuk jenis kajian kuantitatif. Dengan menggunakan model ekperimen.Teknik pengumpulan dengan ini menggunkan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan kajian yang dilakukan, didapatkan nilai t-hitung > t-tabel yaitu -2.428 > 1.665 dan nilai sig 0.001 < 0.1. Ini menunjukkan bahawa penelitian ini dapat membuktikan terdapat Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan menulis teks biografi di SMAN 2 Tapung Hilir.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.