Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Kurikulum Merdeka Belajar

Penulis

  • Rahma Taher Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang
  • Risda Amini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8262

Abstrak

: Proses pembelajaran teacher-centered membentuk proses belajar mengajar monoton, dan rendahnya hasil belajar matematijka siswa. Pendidik harus menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu model pembelajaran yang membentuk siswa aktif dalam menemukan, memecahkan suatu permasalahan. Dalam penerapannya, siswa diminta untuk dapat menemukan prinsip dan konsep matematika melalui proses belajar mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (Quantitatif Approach). Desain penelitian ini adalah pretest – posttest kontrol group design. Penelitian ini dilakukan di pada siswa kelas V SD Negeri 13 Simpang Haru yang terletak di wilayah Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Barat. Teknik analisis data berupa teknik analisis diskriptif yang terdiri dari ujii prasyarat yang berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji bedaa atau Uji T (T-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifkan dalam penerapan model Discovery Learning dibandingkan model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Simpang Haru Kota Padang (p<0,05).   Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka Belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansari, Akhmad Hapis, Alpisah, Alpisah, & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa=.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1–20.

Bambang. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. 3.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.

Dahar. R.W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Fitriyah. Murtadlo, A., Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2).

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Hamzah. (2014). Profesi Kependidikan Problem , Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Harmony. (2012). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Edumatica, 2(1), 11–19.

Istiana, G.A., Catur, A.N, Sukardjo, J. S. (n.d.). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas xi ipa Semester II sma negeri 1 ngemplak Tahun pelajaran 2013/2014. 2015, 4(2), 65–73.

Jauhar, H. dan. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kartika, Y., Hutapea, N. M., & Kartini. (2020). Mathematical Learning Development using Discovery Learning Model to Improve Mathematical Understanding Skills of Students. Journal of Educational Sciences, 4(1), 124–132.

Laoli, J. Kristian., Dakhi, O., Zagoto, M., & M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan BK pada Perkuliahan Filsafat Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4408-4414.

Lase, A., & Ndruru, F. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35–44.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198.

Muhamad. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22.

Novalinda, R., Dakhi, O., Fajra, M., Azman, A., Masril, M., Ambiyar, A., & & Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974–7980.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nurqaidah, S., & Hendra, A. (2022). Persepsi Siswa Tentang Efikasi Guru Dan Tingkah Laku Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 158–166.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Putrayasa, Made, D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Ganesha PGSD, 2(1).

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92.

Putriani, D., & Rahayu, C. (2018). The Effect of Discovery Learning Model Using Sunflowers in Circles on Mathematics Learning Outcomes. 1(1), 22–25. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.26

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Imiah Sekolah Dasar, 3(2), 246–253.

Rahmayanti, M. (2021). Application of the Discovery Learning Teaching Model in Mathematics Subjects. Community Medicine & Education, 2(1), 139–145.

Riyadi, S., & Adilah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA Ekasakti Padang Dengan Metode Pembelajaran Demonstration Berbasis Discussion Process. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 84–95.

Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Renada Media Group.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723

Skills, C. P., & Simanjuntak, H. (2022). The Effect of Discovery Learning Model to Improve Learning Outcomes and Chemical Process Skills. Jurnal Basicedu, 6(2), 2616–2624.

Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18.

Suryaman, M. (2001). Model Pembelajaran Membaca Berbasis Bacaan Dan Pembaca: Studi Tentang Bacaan Narasi Dan Eksposisi Dan Tentang Pembaca Siswa SLTP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Telaumbanua, A. (2022). Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 29–34.

Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. (2022). Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112–123.

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26

Utomo, D. H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Meteorologi-Klimatologi berdasarkan Brain Based Learning. Universitas Negeri Malang.

Waziana, W., Kristina, M., & Gumanti, M. (2020). Model of Utilizing Discovery Learning to Improve Mathematical Learning Achievements. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1).

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265.

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 872–881.

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Hidrolika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3761–3770.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01