PENERAPAN VISI SEKOLAH MANTAP (MANDIRI, AKHLAK MULIA, NASIONALIS, TANGGUH, PEDULI ) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN MURID BERPROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Leny Vitriasari UPI
  • Dinn Wahyudin Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Roni Wahyu Wandani Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8256

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh intruksi dari pemerintah mengenai penerapan Profil Pelajar Pancasila. Sivitas akademik diharuskan untuk mengintegrasikan profil pelajar pancasila dengan visi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan visi yang sudah dibuat oleh tim pengembang kurikulum sekolah sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional  di era kurikulum merdeka pada satuan pendidikan disalah satu sekolah di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus  dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah disalah satu sekolah dasar di kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  melalui penerapan visi yang disingkat MANTAP sebuah akronim dari Mandiri, Akhlak mulia, Nasionalis, Tangguh dan Peduli, murid di salah satu sekolah dasar di kota Bandung tersebut terlihat penerapan yang baik sesuai visi yang terdapat  dalam pembiasaan maupun dalam pembelajaran. Visi yang diterapkan sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yaitu murid yang berprofil pelajar pancasila.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01