PENERAPAN VISI SEKOLAH MANTAP (MANDIRI, AKHLAK MULIA, NASIONALIS, TANGGUH, PEDULI ) SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN MURID BERPROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8256Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh intruksi dari pemerintah mengenai penerapan Profil Pelajar Pancasila. Sivitas akademik diharuskan untuk mengintegrasikan profil pelajar pancasila dengan visi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan visi yang sudah dibuat oleh tim pengembang kurikulum sekolah sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional di era kurikulum merdeka pada satuan pendidikan disalah satu sekolah di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah disalah satu sekolah dasar di kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan visi yang disingkat MANTAP sebuah akronim dari Mandiri, Akhlak mulia, Nasionalis, Tangguh dan Peduli, murid di salah satu sekolah dasar di kota Bandung tersebut terlihat penerapan yang baik sesuai visi yang terdapat dalam pembiasaan maupun dalam pembelajaran. Visi yang diterapkan sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka yaitu murid yang berprofil pelajar pancasila.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.