PENERAPAN METODE NATURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.8012Kata Kunci:
Metode Pembelajaran,Nature Learning, Menulis PuisiAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta lapangan menunjukkan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi dan juga kurangnya kreativitas guru dalam meilih metode pembelejaran yang efektif untuk mengjarkan keterampilan dalam menulis puisi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keefektifan penerapan metode nature learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 41 Tebo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian dilaksanakan pada satu kelas VIII SMPN 41 Tebo. Hasil dari penelitian sesudah penerapan metode nature learning dalam pembelajaran menulis puisi sesuai data yang didapatkan di lapangan terdapat pengaruh yang signifikan, kemampuan siswa di kelas VIII A menjadi lebih baik, siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Keefektifan itu ditunjukan juga dengan hasil belajar 3 siswa predikat sangat baik, 11 siswa predikat baik, 2 lainnya predikat cukup dan rata-rata nilai keseluruhan yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di penerapan metode nature learning dapat digunakan atau efektif dalam pembelajaran menulis puisi.Unduhan
Referensi
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. In Gava Media, Jakarta.
Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.
Fitriani, S., & Emidar. (2019). Ketidakefektifan kalimat dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3), 383–392.
Fransori, A. (2017). Analisis Stilistika pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar. Deiksis, 9(01), 1.
Hutasuhut, S. (2010). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Pekbis Jurnal, 2(1), 196–207.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Meliyawanti, M., & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Literasi, 1(1), 14–23.
Milawati, T. (2011). Peningkatan Kemampuan Anak Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auidtiri Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 70–78.
Mirnawati. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177.
Mundziroh, S., Andayani, & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–10.
Nasucha, Y. (2019). Metode pembelajaran dalam pendekatan pilabah teori dan implementasi pembelajaran kooperatif. Surakarta: Yua Pustaka.
Saleh, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model Stad Pada Siswa Sma. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 95. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.14
Setiana, L. N., & Azizah, A. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Menulis Puisi Mahasiswa Managemen Unissula. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 38.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alphabe.
Wahyu, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.