ANALISIS BUTIR SOAL LITERASI MEMBACA PADA INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SISWA SMK

ANALISIS BUTIR SOAL LITERASI MEMBACA PADA INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SISWA SMK PEKANBARU

Penulis

  • Selpi Misda Universitas Islam Riau
  • Muhammad Mukhlis Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7589

Kata Kunci:

Butir Soal, Validitas, Reliabilitas

Abstrak

AKM Literasi Membaca yang diujikan di SMK Negeri Pertanian kelas X sebelumnya tidak diuji cobakan terlebih dahulu, sehingga belum diketahui kelayakan butir soal sehingga perlu adanya validitas dan reliabilitas dari setiap butir soal tersebut, bagaimanakah kualitas soal-soalnya, apakah syarat validitas, reliabilitas telah terpenuhi ataukah Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca terdapat 1 instrumen yang dianalisis, yaitu terdapat 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik uji validitas item dengan korelasi Pearson dan dilakukan uji reliabilitas cronch alpha. Penelitian ini ditemukan hasil bahwa 1) butir soal yang mempunyai validitas dengan kelayakan baik sebesar 48% dinyatakan valid dan terdapat sebanyak 52% dinyatakan tidak valid. Kemudian 2) kelayakan butir soal yang dilihat dari reliabilitas dinyatakan memiliki tingkat reliable yang sangat tinggi melalui peroleh nilai Alpha Cronbach sebesar 0.731.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alif Syahputra Bania dan Imran.2020. Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kota Langsa. Best Journal Vol. 3 No. 2 Tahun 2020.

Angel Ardila Suci Qurrota A’yun, Furi Styo Siskawati, Dan Tri Novita Irawati. 2022. Analisis Kelayakan Butir Soal pada Media INTERMATHLY (Interesting Mathematic Monopoly). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 Tahun 2022.

Budi Utomo. 2018. Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No. 1 Tahun 2018.

D.M. Andikayana, N. Dantes, I.W. Kertih. 2021. Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia Vol. 11 No. 2 Tahun 2021.

Farah Nur Rohmah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, dan Kasmui. 2022. Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa. Jurnal Chemined Vol. 11 No. 2 Tahun 2022.

Farida, Anna Musyarofah. 2021. Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 1 Vol. 1 Tahun 2021

Fatimah Depi Susanty. 2016. Analisis Validasi Soal Tes Hasil Belajar Pada Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Di Pusat Pengembangan Bahasa (P3B) Uin Suska Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 19 No. 2 Tahun 2016.

Hartati, Marni dan Nurhadi. 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Membaca. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas

Isna Rafianti dan Ihsanudin. 2022. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Yang Mendukung Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru Matematika SMP. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 7 No. 4 Tahun 2022.

Izza Nabilaturnnisa, Wiwi Siswaningsih, dan Nahadi. 2021. Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum Materi Asam Basa Konteks Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia#2 Tahun 2021.

Katherina Estherika Anggraini. 2022. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 11 No. 3 Tahun 2022.

Nurhikmah, Isti Hidayah, dan Sri Kadarwati. 2021. Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Corkoaminoto Juornal of Primary Education Vol. 4 No. 1 Tahun 2021.

Purnomo, Rochmat Akty. 2016. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS “Untuk Mahasiswa, Dosen, Dan Praktisi”. Ponorogo: Wade Group.

Sani, Ridwan Abdullah dan Wendhie Prayitno. 2020. Asesmen Kompetensi Minimum “Panduan Penilaian Untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah”. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rury Kusherawati, Sri Sulistyorini, dan Kustiono. 2022. Pengembangan Modul Bermuatan Etnoekologi untuk Mengukur Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 2 Tahun 2022.

Shafira Wardatul ‘Aini dan Muhammad Mukhlis. 2022. Analisis Taksonomi Pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Jurnal Diglosia Vol. 5 No. 4 Tahun 2022.

Tju Meriana dan Erni Murniarti. 2021. Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan Vol. 14 No. 2 Tahun 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01