A SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Aprida Hasnitah Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Meri Haryani

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7442

Kata Kunci:

Sosiolinguistik, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstrak

Linguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa, baik sebagai objek maupun dalam fungsi dan perkembangannya. Keberadaan struktur bahasa dapat dilihat sepanjang sejarah dan merupakan fenomena khusus, terisolasi dari unsur-unsur sosial lainnya. Mengenai struktur bahasa dan batasan yang diberikannya (semantik leksikal, fonologi, morfologi, sintaksis, dan stilistika fungsional), bahasa merupakan fenomena sosial yang sangat spesifik dan terpisah. Beberapa unsur dan kategori bahasa, karakteristik dan varian strukturnya tidak dapat diterjemahkan dan bersifat unik untuk bahasa. Ada sejumlah metode serta pendekatan yang berfokus pada kajian sosiolinguistik, antara lain:a) pengajaran bahasa berdasarkan kompetensi, b) pengajaran bahasa komunikatif, c) pendekatan alami, d) pembelajaran bahasa kooperatif. Selain itu, ada beberapa penjelasan teori dasar  sosiolinguistik yang diterapkan di sekolah, yaitu:a) bahasa sebagai alat komunikasi, b) kemampuan berbahasa bersifat luas, c) siswa merupakan bagian dari masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Haryani, M., Nurkhoiroh, Suardika, I. K., H, A. I., & Anwar, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Pjok Materi Pergaulan Sehat Menggunakan Metode Pembelajaran Pendekatan Saintifik. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5, 71–77.

Khairunnisa, Sagita. 2019. Pengembangan Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa (Secara Teoritis Dan Penerapan) Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Jurnal Sains Riset. Vol 9, No 2.

Malabar Sayama. 2015. Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing

Setiyadi Dwi. Peranan Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa: Sebuah Kajian Teoretis Dan Penerapannya (Temuan Linguistik Untuk Pengajaran Bahasa). Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun.

Pulungan, K. A., Haryanto, A. I., Haryani, M., & Suardika, I. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengajarkan Tanggung Jawab pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 245–253.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01