ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERITA FANTASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Penulis

  • Laila Masrura Universitas Jambi
  • Rustam Universitas Jambi
  • Irma Suryani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7433

Abstrak

Guru memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran salah satunya ialah mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Tujuan prnrlitian ini ialah menganalisis kebutuhan guru dalam mengembangkan bahan ajar menulis cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D Thiagaragan dengan batasan pada tahap pertama atau tahap pendefinisian dan moted yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah guru Bahasa Indonesia SMP di Jambi. Teknik pengambilan data dengan cara pendistribusian angket secara daring, wawancara, dan FGD daring kemudian dianalisis dengan mengguakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian analisis kebutuhan materi cerita fantasi pada kurikulum merdeka kurang menarik, sehingga diperlukan pengembangan materi agar dapat membentuk kompetensi menulis peserta didik dengan mengutamakan kearifan lokal. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk mengembangkan bahan ajar yang kontekstual dengan kondisi peserta didik. Kata Kunci: teks cerita fantasi, cerita rakyat Jambi, Kurikulum Merdeka Belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-01