PERAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7410Kata Kunci:
Indonesian language subjects; Pancasila Student Profile; Mobilization School ProgramAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran mata pelajaran bahasa Indonesia dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan kepada guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia yang sedang menerapkan Program Sekolah Penggerak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan setiap guru telah melaksanakan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni 1) bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; 2) berkebhinekaan global; 3) bergotong royong; 4) mandiri; 5) bernalar kritis; 6) kreatif. Dari keenam Profil Pelajar Pancasila tersebut, keseluruhan dimensi dapat ditingkatkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan mengombinasikan beberapa dimensi dalam proses pembelajaran karena pada hakikatnya setiap dimensi pasti berhubungan dengan dimensi lainnya dalam suatu proses.Unduhan
Referensi
Hikmawati, I. (2021). PERAN GURU PPKn DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTS MUHAMMADIYAH 1 MALANG [Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/82238/3/BAB II.pdf
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 257–265. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621/4871
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah PISA ditinjau dari kemampuan berpikir komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://scholar.archive.org/work/zwusfcjyjjeizhq2sp6ufxrhue/access/wayback/https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/download/2063/991/
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 1214–1223. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://journal.ugm.ac.id/jkn/article/view/67613/32263
Setyaningsih, U., & Setyadi, Y. B. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika pada Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2016/2017. CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ), 1(1). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/cessj/article/view/359
Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 29–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24576
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/99/78
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS untuk membangun modal sosial peserta didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/4821
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145–151. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/16696/8450
Wardarita, R. (2020). Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4 . 0. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(1), 39–45. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/1656
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.