RESPON RESPON GURU TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.6760Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Wordwall, Bahasa IndonesiaAbstrak
Media pembelajaran sebagai penghubung antara guru dan peserta didik. Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar, terutama dalam penyampaian materi (kompetensi dasar). Melihat, pandemik covid-19 yang belum juga usai, media pembelajaran harus dipilih secara tepat agar tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai dengan maksimal. Mengintegrasikan kemajuan teknologi dengan memanfaatkannya dalam pembelajaran terutama untuk para guru dalam mendesain media pembelajaran yang bersifat multimedia dan interaktif sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada respon guru terhadap penggunaan aplikasi wordwall sebagai penunjang pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan respon guru terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi wordwall sebagai penunjang pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian diketahui dari sebaran angket terhadap analisis kebutuhan guru dalam penggunaan media pembelajaran, diketahui dari sepuluh pertanyaan yang diberikan diperoleh rata-rata jawaban iya sebesar 79,2% dan tidak sebesar 20,8% terkait penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, pengetahuan, kendala atau hambatan yang dihadapi dan penerapan aplikasi wordwall dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran khususnya aplikasi wordwall sebagai media interaktif berbasis teknologi dibutuhkan oleh guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia.Unduhan
Referensi
Ahmad, I. 2018. Pendidikan Tinggi “4.0” yang Mampu Meningkatkan Daya Saing Bangsa.Tersedia: https://asikbelajar.com/catatan-untuk-dunia-pendidikan-di-era-revolusi-industri- 4-0/. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi. Makassar, 16 Februari 2018. Bahan Presentasi. Diunduh 11 Desember 2018.
Halik, Irham. 2020. Membuat Games Edukasi dengan Wordwall. Tersedia: https://irhamhalik.com/membuat-games-edukasi-dengan-word-wall/. Diakses 28 September 2020.
Moleong, L. J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Rohani. 2019. Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Sanjaya, W. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sherianto. 2020. Wordwall Aplikasi Bermain Sambil Belajar. Tersedia: http://www.cocokpedia.net/ 2020/07/wordwall-aplikasi-bermain-sambil-belajar.html. Diakses 28 September 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.