KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TEKS NARASI YANG MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT TIMOR
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6650Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran teks narasi yang menggunakan cerita rakyat Timor sebagai materi ajar. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP NegeriNoemuti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik, teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan teknik angket untuk mngetahui respon peserta didik mengenai integrasi cerita rakyat Timor dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran teks narasi yang menggunakan cerita rakyat Timor, aktivitas peserta didik mencapai 82 % dengan kategori sangat baik, hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 81,5 dengan kategori sangat baik, dan respons pendidik dan peserta didik mencapai 97,2 % yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa cerita rakyat Timor sangat efektif digunakan dalam pembelajaran teks narasi di SMP Kelas VII SMP Negeri Noemuti.Unduhan
Referensi
Agung Nugroho & Luci Fitri. 2018. “Respons Siswa SMP Negeri Sekota Lubuklinggau Terhadap Bahan Ajar Cerita Rakyat Lubuklingau”. SILAMPARI BISA. Volume 1 Nomor 1.
Baharuddin dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz.
Djamaris, E. 1993. Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik (Sastra Indonesia Lama). Jakarta: Balai Pustaka.
Elfachmi, Amin Kuneifi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Endraswara, S. 2002. Metodologi Penelitian Folklor; Konsep, Teori, dan
Aplikasi. Jakarta: PT. Buku Kita.
Kemdikbud. 2016. “Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/SMAK”. Jakarta: Kemdikbud.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Panjaitan, Ade Putra dkk. 2017. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.
Rosadi, Putu Agus Phebi dkk. 2014. “Penggunaan Teks Cerita Rakyat Bali untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri I Mendoyo”. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudikan, S. 2017. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: CV Pustaka
Ilalang Grup.
Sumayana, Yena. 2017. “Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 1.
Tarsinih, Ety. 2019. “Pembelajaran Berbicara Sastra melalui Teks Narasi (Cerita Rakyat)”. Wacana Didaktika. Volume 11 Nomor 3.
Yetti, Erli. 2011. “Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara: Upaya Melestarikan Budaya Bangsa”. Mabasan. Volume 5 Nomor 2.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.