KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TEKS NARASI YANG MENGGUNAKAN CERITA RAKYAT TIMOR

Penulis

  • Rince Jalla Wabang Universitas Timor
  • Metropoly M.J. Liubana Universitas Timor
  • Maria Rosalinda Talan Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6650

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran teks narasi yang menggunakan cerita rakyat Timor sebagai materi ajar. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP NegeriNoemuti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik,  teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan teknik angket untuk mngetahui respon peserta didik mengenai integrasi cerita rakyat Timor dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran teks narasi yang menggunakan cerita rakyat Timor, aktivitas peserta didik mencapai 82 % dengan kategori sangat baik, hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 81,5 dengan kategori sangat baik, dan respons pendidik dan peserta didik mencapai 97,2 % yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa cerita rakyat Timor sangat efektif digunakan dalam pembelajaran teks narasi di SMP Kelas VII SMP Negeri Noemuti.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agung Nugroho & Luci Fitri. 2018. “Respons Siswa SMP Negeri Sekota Lubuklinggau Terhadap Bahan Ajar Cerita Rakyat Lubuklingau”. SILAMPARI BISA. Volume 1 Nomor 1.

Baharuddin dan Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz.

Djamaris, E. 1993. Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik (Sastra Indonesia Lama). Jakarta: Balai Pustaka.

Elfachmi, Amin Kuneifi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Endraswara, S. 2002. Metodologi Penelitian Folklor; Konsep, Teori, dan

Aplikasi. Jakarta: PT. Buku Kita.

Kemdikbud. 2016. “Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/SMAK”. Jakarta: Kemdikbud.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Panjaitan, Ade Putra dkk. 2017. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Rosadi, Putu Agus Phebi dkk. 2014. “Penggunaan Teks Cerita Rakyat Bali untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri I Mendoyo”. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudikan, S. 2017. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: CV Pustaka

Ilalang Grup.

Sumayana, Yena. 2017. “Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 1.

Tarsinih, Ety. 2019. “Pembelajaran Berbicara Sastra melalui Teks Narasi (Cerita Rakyat)”. Wacana Didaktika. Volume 11 Nomor 3.

Yetti, Erli. 2011. “Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Nusantara: Upaya Melestarikan Budaya Bangsa”. Mabasan. Volume 5 Nomor 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01