U UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SD AL- HILAL WAMLANA KABUPATEN BURU (EFFORTS TO INCREASE THE ABILITY TO READ THROUGH THE GAME OF LETTERS CARD IN STUDENTS IN CLASS I SD AL-HILAL WAMLANA BURU DISTRICT)
KEMAMPUAN MEMBACA DAN PERMAINAN KARTU HURUF
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2260Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan kartu huruf kelas I SD Al-Hilal Wamlana Kabupaten Buru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul kemudian di analisis secara deskriptif kuantitatif dan dijabarkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca anak kelas I SD Al-Hilal Wamlana Kabupaten Buru. Wujud hasil tersebut dapat dijabarkan secara kuantitatif setiap siklus yakni; pada siklus I sebesar 37,5%, sikulus II sebesar 75,00%, dan pada siklus III sebesar 83,33%, dari proses yang terjadi setiap siklus ternyata mengalami peningkatan. Oleh karena itu, penggunaan kartu huruf pada pembelajaran di kelas I perlu ditingkatkan, terutama dalam upaya meningkatkan kemampuan memnbaca. Kata kunci: Meningkatkan, kemampuan membaca, permainan kartu huruf Abstract This study aims to improve the ability to read through the first grade card game class Al-Hilal Wamlana Elementary School Buru. This research is a Classroom Action Research (CAR) with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted in 3 cycles. Data collection methods used in this study are the method of observation and performance. The collected data is then analyzed in a quantitative descriptive manner and described qualitatively. The results showed that through letter card games were able to improve the reading skills of grade 1 students at Al-Hilal Wamlana Elementary School, Buru Regency. The results can be described quantitatively each cycle, namely; in the first cycle of 37.5%, the second cycle of 75.00%, and in the third cycle of 83.33%, the process that occurred each cycle had increased. Therefore, the use of letter cards in learning in class I needs to be improved, especially in an effort to improve reading skills. Keywords: Improve, reading ability, letter card gamesDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.