The ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) KURIKULUM MERDEKA
Analisis Materi terhadap Capaian Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11390Kata Kunci:
Materi, Capaiaan Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Elemen KeterampilanAbstrak
Abstrak Keberadaan buku teks pelajaran tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Pada saat kurikulum lama diganti, isi atau materi buku teks pun harus disesuaikan dengan kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi buku teks Bahasa Indonesia kelas X atau Fase E SMA/SMK yang digunakan, terhadap capaian pembelajaran (CP) yang ditetapkan oleh Badan Standar Kurikulum Asesmen dan Pendidikan Kemendikbudristek Republik Indonesia dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Capaian pembelajaran ini dibagi ke dalam empat elemen keterampilan berbahasa yang meliputi elemen keterampilan menyimak, elemen keterampilan membaca dan memirsa, elemen keterampilan berbicara dan presentasi, dan elemen keterampilan menulis. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia yang berjudul Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Kelas X SMA/SMK terbitan tahun 2021 oleh Kemendikbudristek. Hasil dari penelitian ini didapatkan simpulan bahwa materi yang disajikan sudah sangat sesuai dengan capaian pembelajaran (CP) mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci: Materi, elemen keterampilan, bahasa Indonesia, Capaian Pembelajaran.Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225–234. https://doi.org/10.17977/UM020V16I12022P225-234
Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Pedoman Penilaian Buku Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).
Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).
Kemendikbudristek Republik Indonesia. 2022. Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek RI.
Kuntarto, E. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Sebagai Pendukung Program Merdeka Belajar. JIP (Jurnal Inspirasi Pendidikan), 13(1), 12-18. https://doi.org/10.21067/jip.v13i1.7642
Kuntarto, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Merdeka Belajar untuk Masyarakat Pedesaan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 34–42.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Murdaningsih, Sarlita dkk.”An Analysis on Eight Grade Mathematics Textbook of New Indonesian Curiculum (K-13) Based on Pisa’ Framework”.Journal of Research and Advances in Mathematics Education. Volume 1 No.1 Januari 2016:14-27
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Purba, Andiopenta. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Observasi pada Mahasiwa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 17 No.1 Tahun 2017.
Purba, Andiopenta. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Berorientasi pada Teks. Bantul-Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.