PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN EFEKNYA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Petrus Jacob Pattiasina Universitas Pattimura
  • Sutarto STAI Nida El-Adabi Bogor
  • Al Padli Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Markus Oci STT Kanaan Nusantara Ungaran
  • Linda Handayani Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Henny Sanulita Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11368

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik namun pada dasarnya keterampilan menulis di sekolah masih rendah serta selalu dipandang sebelah mata bagi peserta didik dan pendidik. Semua orang bisa menulis dan tidak perlu mengkhususkan diri pada keterampilan menulis. Maka dari itu kegiatan belajar menulis di satuan pendidikan tidak terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Pada saat kegiatan belajar menulis peserta didik sulit memfokuskan serta peserta didik kurang termotivasi untuk kegiatan menulis. Penjelasan tersebut dikarenakan peserta didik kurang mendapatkan dampak dalam pembelajaran menulis serta peserta didik menganggap bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia itu mudah. Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan dalam meninjau dampak model Examples non examples terhadap keterampilan menulis puisi di kelas V AM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk ekperimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan bahwasanya hasil dari penerapan model Examples non examples terhadap keterampilan menulis puisi di kelas kelas V AM. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t taraf signifikansi 5%, didapatkan t-tabel 2,01 sedangkan t-hitung = 15,98, karena pembelajaran menggunakan gambar diurutkan secara logika yang dapat membuka skema siswa dan memastikan siswa memahami pembelajaran yang dipaparkan dengan berbantuan media visual, peserta didik juga lebih kuat dalam menghafal maupun membaca yang dihubungkan menggunakan gambar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, N., & Wulandari, C. (2023). Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Lingkungan Sekolah Siswa Kelas VII SMPN 15 Bengkulu Utara. JURNAL ILMIAH KORPUS, 7(1), 87–95.

Ali. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal PAUD, 5(1).

Amilia, F. (2018). Pemahaman dan Habituasi untuk Membangun Kompetensi Menulis Praktis dan Ilmiah. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 22–31.

Aristanto. (2023). Implementation of character education in matshematics learning in elementary school. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(20), 13–18.

Aritonang, E. R. (2016). Pengembangan Media Gambar Untuk Model Pembelajaran Examples Non-Examples Dan Picture And Picture Terhadap Motivasi Pada Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma Persada Bandar Lampung. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 4(1), 1–23.

Barliana, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek yang Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7.

Eliyawati. (2023). Implementasi Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Writing Skill. Angewandte Chemie International Edition, 5(1), 5–24.

Gloriani. (2013). ANALISIS DIKSI, RIMA, DAN GAYA BAHASA PADA PUISI KARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINDANGAGUNG KABUPATEN KUNINGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).

Gultom. (2015). Pemanfaatan Teks Feature Perjalanan sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 163–172.

Kholik, N., Azis, A. A., Yusnanto, T., Sadikin, A., Makassar, I. P., Ata, U. A., Khozinatul, I. A. I., Blora, U., Patria, S. B., & Mangkurat, U. L. (2023). THE EFFECT OF LEARNING ENVIRONMENT AND STUDENTS INDEPENDENT LEARNING ON STUDENTS LEARNING OUTCOMES. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1).

Kuntari, S. (2022). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Pasar Monopoli , Monopolistik Dan Oligopoly Melalui Media Gambar Dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 8 S. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1).

Laila, A. S. S. M. A. R. (2019). Kemampuan Menulis Cerita Berdasarkan Dongeng Bergambar Oleh Siswa Kelas V Sd Negeri 104232 Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 104–115.

Lazuardi. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VAK (VISUAL, AUDIOVISUAL, KINESTETIK). Jurnal KIBASP, 2(1), 87–95.

Lestari, E., Nulhakim, L., & Indah Suryani, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345.

Lubis, S. S. W. (2021). Pembelajaran Menulis Essai Melalui Media Massa Surat Kabar Dalam Pembentukan Berpikir Kritis. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 109–130.

Nugraha, A. H. A., Suharini, E., & Sriyono. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VII Di SMP Negeri 4 Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2016/2017. Edu Geography, 5(2), 1–9.

Oci, M. (2016). Kreativitas belajar. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(2), 55–64.

Pageyasa, W. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanggetada Melalui Strategi Pemetaan Pikiran dalam Pembelajaran Berbasis Inquiry dan Learning Community Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1).

Pattiasina, P. J., Rahmani, S. F., Riztya, R., & Laratmase, A. J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memahami Teks-Teks Berbahasa Inggris Pada Mahasiswa. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 577–584.

Rambe, M. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 781.

Samsiyah. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Di Sek olah Dasar Kelas Tinggi. In CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Sanulita, H. (2019). Pemanfaatan Pendekatan Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Pemahaman Lintas Budaya. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (pp. 286–293).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Sukirmani. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulisdalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 3(1).

Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Terhadap Hasil Belajar Menulis. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 17–27.

Susanti, R. (2014). Pembelajaran model examples non examples berbantuan powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 123–127.

Tabelessy, N. (2019). Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa Smp. Jurnal Tahuri, 16(2), 35–46.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-13