Pengembangan Pengembangan Media Big Book Pada Tema Cuaca Hujan Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Pengembangan Media Big Book Pada Tema Cuaca Hujan Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11282Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk membuat produk berupa Big Book yang memiliki kualitas dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar pada SDN Wonokusumo V. Penelitian ini menggunakan pengembangan (R&D). Dalam penelitian ini, menggunakan metode model pengembangan perangkat 4-D. yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahap: pendefinisian, perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Namun, dalam penelitian ini hanya mencapai tahap pengembangan dan tidak melakukan tahap penyebaran. Tes, proses pengembangan media, angket respons guru dan siswa, dan validasi ahli adalah alat yang digunakan dalam metode pengumpulan data ini. Kesesuaian media pembelajaran dinilai berdasarkan: 1) Media Big Book telah melewati proses validasi yang signifikan, dengan mendapatkan persentase validasi sebesar 96% dari ahli media dan 95% dari ahli materi. keduanya dengan kriteria "sangat valid". 2) Kepraktisan media Big Book didasarkan pada observasi yang dilakukan oleh siswa dan guru selama penggunaan media literasi. Pengamatan ini juga dapat menunjukkan seberapa efektif media mendukung tujuan pembelajaran, keterlibatan siswa, dan respons guru terhadap penggunaan Big Book dalam konteks literasi. Nilai rata-rata untuk semua aktivitas siswa dan guru menunjukkan hasil yang positif sebesar 92%, memenuhi kriteria "sangat praktis". 3) Efektivitas pembelajaran siswa diukur dari hasil pretes dan postes, menunjukkan keefektifan media Big Book dengan presentase 90%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan Pengamatan yang dilakukan oleh guru dan siswa selama penggunaan Big Book menunjukkan bahwa buku tersebut dapat dianggap sebagai alat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.