Peningkatan Kemampuan Memahami Cerpen Menggunakan Model Make a Match Siswa Kelas IX D SMPN 13 Kota Bengkulu

Penulis

  • Alisha Putri Setiani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11197

Abstrak

Salah satu pembelajaran sastra yang merupakan materi wajib pelajaran bahasa Indonesia  kelas IX adalah cerpen. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami cerpen dengan model make a match siswa. Metode penelitian deskripsi kuantitatif. Subjek penelitian ini 27 siswa kelas IX D SMPN 13 Kota Bengkulu. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang berupa pre test dan post test. Analisis data penelitian ini 1) Siswa diberikan soal pre test, 2) Menggunakan model make a match pada pembelajaran cerpen 3) Memberikan siswa soal postest. 4) Memasukkan data nilai siswa ke tabel data. 5) Menginterpretasi data 6) Menyimpulkan peningkatan keterampilan memahami cerpen siswa kelas IX D SMPN 13 Kota Bengkulu dengan make a match. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan memahami cerpen  pre test dengan rata-rata 71,5 hasil rata-rata  post test mengalami peningkatan 78,3. Nilai rata-rata pre test ke post test meningkat 10%. Peningkatan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen pre test dengan rata-rata 72,6  hasil rata-rata  post test mengalami peningkatan 78,1. Hasil  pre test ke post test mengalami peningkatan 8%. Peningkatan kemampuan memahami struktur cerpen pre test dengan rata-rata 70,5 hasil rata-rata  post test mengalami peningkatan 78,6. Rata-rata pre test ke post test  meningkat 11%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-13