IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN DINAMIS DALAM PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Andoyo Sastromiharjo Pendidikan Doktoral Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeti Mulyati Pendidikan Doktoral Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Frilia Shantika Regina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitriani Lubis Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sasytra Indonesia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11129

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model penilaian dinamis di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Penilaian yang diterapkan dalam bidang pendidikan berupaya memberikan gambaran proses pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam memperoleh informasi sehingga penilaian yang dihasilkan bukan hanya berupa angka, melainkan juga deskripsi rencana tindak lanjut yang dapat dilakukan pendidik agar penilaian menjadi alat evaluasi (indikator) dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di tiga universitas, yaitu Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Univeritas Pasundan. Adapun sampel dari penelitian ini adalah dua sampai tiga perkuliahan di masing-masing program studi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Langkah analisis data ini menggunakan penyajian data dalam bentuk visual untuk melihat penerapan model penilaian dinamis dalam proses perkuliahan. Hasil penelitian diperoleh (1) mayoritas dosen sudah melakukan proses penilaian awal yang implisit pada kegiatan pembuka atau kegiatan awal.; (2) kegiatan inti sudah dilakukan sebagian dosen dengan menerapkan prinsip model penilaian dinamis dengan pemberian kesempatan mahasiswa untuk mengajukan argumentasi dan diberikan umpan balik oleh dosen untuk dapat memberikan pengutan terhadap pemahaman mahasiswa. Selain itu, proses tanya jawab yang terdokumentasikan sudah dilakukan dosen sebagai bentuk penilaian proses yang dilakukan para proses pembelajaran; (3) dosen telah melaksanakan kegiatan penutup sesuai indikator yang diobservasi, walaupun sebagian dosen terlewat untuk melaksanakan kegiatan refleksidan terlewat menilai sesuai dengan rubrik penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dosen belum memaksimalkan penilaian akhir pada setiap proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afidah, N. N., & Liswati, K. N. (2022). Prates Keterampilan Membaca Temuan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(5), 573–584.

Ansori, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Untuk Memaknai Ukhuwah Nahdliyah Dengan Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. SINDA: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 1(3), 165–171.

Arsanti, M., Suwito, W., Subyantoro, S., & Hasanudin, C. (2022). Evaluasi Perkuliahan Daring Mata Kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesisa dengan Model Diskrepansi. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 67–80. https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/2553/pdf

Guterman, E. (2002). Toward dynamic assessment of reading: Applying metacognitive awareness guidance to reading assessment tasks. Journal of Research in Reading, 25(3), 283–298. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/1467-9817.00176

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nhwaCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=metode+kuantitatif+deskriptif+adalah&ots=FE26_hj8xu&sig=X4XF-Cj7O4Yb8CjFW4fJpmOBeaw&redir_esc=y#v=onepage&q=metode kuantitatif deskriptif adalah&f=false

Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi perkuliahan daring keterampilan menulis selama masa pandemi Covid-19 dengan model evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27–38. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/77219055/pdf-libre.pdf?1640313706=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DEvaluasi_Perkuliahan_Daring_Keterampilan.pdf&Expires=1674905892&Signature=dN99Z4zc5~VX6YiQK3S73mAY-Pd9yjHkoph8g9MWOYfE64eXJT8OxMuDsy

Haywood, H. C., & Tzuriel, D. (2002). Applications and challenges in dynamic assessment. Peabody Journal of Education, 77(2), 40–63. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/S15327930PJE7702_5

Istiningsih, S., Astria, F. P., Khair, B. N., Haryati, L. F., & Maulyda, M. A. (2020). Pelaksanaan Perkuliahan Pengajaran Mikro di Program Studi PGSD: Sebuah Penelitian Evaluasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 93–100. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.342.3

Karjiyati, V., Supriatna, I., Agusdianita, N., & Yuliantini, N. (2022). Peningkatan kemampuan literasi matematika mahasiswa melalui penerapan model RME pada perkuliahan konsep dasar geometri dan pengukuran. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 49–56.

Muthmainnah, R. (2019). Profil Habits Of Mind Mahasiswa Biologi Dalam Perkuliahan Teknik Laboratorium. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2).

Nugroho, R. M., & Harida, R. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Stand-Up Comedy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Metode Ceramah Di Stkip Pgri Ponorogo. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121.

Prastikawati, E. F., Lestari, M. Y. W., & others. (2022). Dampak Penilaian Dinamis pada Pemahaman Membaca dan Keterlibatan Kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 92–104. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3427

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rpWEDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=evaluasi+adalah&ots=mB6YNvETou&sig=naVYpiHskD2HNOEvfQLyIm7IjTA&redir_esc=y#v=onepage&q=evaluasi adalah&f=false

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 10–14.

Sastromiharjo, A., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., Youpika, F., Nurhuda, T., Yusuf, N. N., & Puspagharini, R. B. (2023). Evaluation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. European Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.1.546

Vitoria, L., Monawati, M., & Fauzi, F. (2021). PELAKSANAAN PERKULIAHAN MATEMATIKA PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI JURUSAN PGSD FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Jurnal Pesona Dasar, 9(2).

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas metode pembelajaran case method dalam upaya peningkatan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731.

Zuhriah, F., Fadhillah, M. N., & Utami, A. D. (2021). Implementasi Google Classroom pada Studi Kelayakan Bisnis Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 81–90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02