Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Kartu Aksara Jawa Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa

Penulis

  • Yolinda Mardhika Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Abduh Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.11057

Abstrak

Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Di Indonesia sendiri, khususnya daerah Jawa Tengah menerapkan pembelajaran Bahasa Jawa sebagai muatan lokal. Pada pembelajaran Bahasa Jawa terdapat materi aksara jawa yang perlu penguasaan aksara jawa untuk dituliskannya menjadi kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan kartu aksara jawa terhadap keterampilan menulis aksara jawa siswa kelas V SD N 3 Nglebak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 3 Nglebak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan 2 jenis yaitu uji instrumen dan uji analisis data. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan uji analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan dari dua tes yaitu pre-test dan post-test diperoleh rata-rata data pre-test sebesar 50,24, sedangkan rata-rata post-test sebesar 87,88 dan signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu dengan model kooperatif tipe teams games tournament berpengaruh terhadap keterampilan menulis aksara jawa siswa kelas V. Dengan menggunakan media kartu aksara ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik bagi siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damayanti, D., Sakdiyah, S. H., & Hakim, A. R. (2020). Pengaruh Media Kataraja Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III Di SDN Lumbang 1 dan SDN Lumbang 3 Pasuruan. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 354–360.

Fravika, R. D., & Subrata, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Aksara Jawa (KARWA) Dalam Keterampilan Menulis Aksara Jawa Ukara Lamba Pada Siswa Kelas IV SDN Kebraon I/436 Surabaya. Jurnal PGSD UNESA, 05(03), 1663–1672.

Hapsari, D. A. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Huruf Jawa Melalui Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN 01 Paseban Jumapolo Karanganyar . Universitas Sebelas Maret .

Kiswari, F. R., Sayekti, I. C., & Khanifah, S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Dongeng Melalui Penggunaan Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas II MIN 4 Sragen . Educatif : Journak of Education Research , 4(3), 87–95.

Linayanti, H. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Raja (Aksara Jawa) Terhadpa Keterampilan Menulis Aksara Jawa . Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 356–363.

Ni’mah, U. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas III MI MA’ARIF Mayak Tonaton Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo .

Nugroho, S. A., & Wulandari, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aksara Jawa Interaktif Berbasis Multimedia (Studi Kasus SD Mardi Rahayu 01 Ungaran). Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 21–36.

Nuraini, I., Sutama, & Narimo, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar . JURNAL VARIDIKA, 31(2), 62–71.

Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.

Rahmani, R. A., & Muhammad, A. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi . Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465.

Ulfah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartik (Kartu Tematik) Tema 8 Keselamatan Di Rumah Dan Di Perjalanan Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Profesi Pendidikan Dasar , 6(2), 211–224.

Widhiastuti, R., & Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan , 9(1), 48–56.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-13