Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Melalui Struktur dan Unsur pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Tambakboyo
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10705Kata Kunci:
Pembelajaran teks cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi, unsur teks cerita fantasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran teks cerita fantasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tambakboyo, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo melalui struktur dan unsur teks cerita fantasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu teks cerita fantasi yang ditulis oleh peserta didik dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII-F dan VII-G SMP Negeri 1 Tambakboyo. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu pengamatan langsung, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo mampu memahami materi teks cerita fantasi melalui model pembelajaran integratif. Kedua, peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo mampu memahami struktur teks cerita fantasi dengan baik, yaitu dengan menyebutkan orientasi, komplikasi, dan resolusi dalam tulisannya. Ketiga, dalam tulisannya peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo sudah memenuhi unsur teks cerita fantasi berdasarkan pendapat ahli, yaitu dengan menyebutkan tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat.Unduhan
Referensi
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fandini, I. (2018). Penguasaan Struktur Teks Dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas VII A Smp Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. 1–20.
Ireng, D. R., Rahmania, S. Z., & Sahmini, M. (2019). Analisis Struktur Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 907–916.
Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 3(2), 69–80. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.06
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806
Novita, E., & Nursaid, N. (2020). Struktur, Unsur, dan Tipe Teks dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. JESS (Journal of Education on Social Science), 9, 207. https://doi.org/10.24036/jess.v5i2.382
Nurrahman, Septi, dkk. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Naratif Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 119–131. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.814
Plandra, B., & Thahar, H. E. (2020). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 17 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 32. https://doi.org/10.24036/108261-019883
Purniawati, S. (2013). Implementasi model pembelajaran. 2, 181–200.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Rozak, A., Mascita, D. E., & Jatmiko, T. W. (2020). Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fantasi dalam Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011 Karya Various dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Siswa SMP/MTs Kelas VII. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 15. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.3204
Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670
Yahya, Y., Yulistio, D., & Arifin, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. II(III). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.