Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Melalui Struktur dan Unsur pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Tambakboyo

Penulis

  • Alldila Zuneasili Sukmariantika Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arif Setiawan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arti Prihatini Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10705

Kata Kunci:

Pembelajaran teks cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi, unsur teks cerita fantasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran teks cerita fantasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tambakboyo, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo melalui struktur dan unsur teks cerita fantasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini,  yaitu teks cerita fantasi yang ditulis oleh peserta didik dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII-F dan VII-G SMP Negeri 1 Tambakboyo. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu pengamatan langsung, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo mampu memahami materi teks cerita fantasi melalui model pembelajaran integratif. Kedua, peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo mampu memahami struktur teks cerita fantasi dengan baik, yaitu dengan menyebutkan orientasi, komplikasi, dan resolusi dalam tulisannya. Ketiga, dalam tulisannya peserta didik SMP Negeri 1 Tambakboyo sudah memenuhi unsur teks cerita fantasi berdasarkan pendapat ahli, yaitu dengan menyebutkan tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fandini, I. (2018). Penguasaan Struktur Teks Dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas VII A Smp Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. 1–20.

Ireng, D. R., Rahmania, S. Z., & Sahmini, M. (2019). Analisis Struktur Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(6), 907–916.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 3(2), 69–80. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.06

Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806

Novita, E., & Nursaid, N. (2020). Struktur, Unsur, dan Tipe Teks dalam Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. JESS (Journal of Education on Social Science), 9, 207. https://doi.org/10.24036/jess.v5i2.382

Nurrahman, Septi, dkk. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Naratif Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 119–131. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.814

Plandra, B., & Thahar, H. E. (2020). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 17 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 32. https://doi.org/10.24036/108261-019883

Purniawati, S. (2013). Implementasi model pembelajaran. 2, 181–200.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Rozak, A., Mascita, D. E., & Jatmiko, T. W. (2020). Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fantasi dalam Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011 Karya Various dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Siswa SMP/MTs Kelas VII. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 15. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.3204

Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670

Yahya, Y., Yulistio, D., & Arifin, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. II(III). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-13