EFEKTIVITAS KOPERATIF TERINTGRITAS MEMBACA DAN KOMPOSISI UNTUK KEMAHIRAN TERHADAP MENTAL DI SD NEGERI MOJOGEDANG

Penulis

  • Sindu Adi Gunaryo University of Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Fathoni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10636

Kata Kunci:

Bullying, Strategy, CIRC, Pembelajaran, Mojogedang

Abstrak

Banyaknya kasus bullying yang ada di dunia pendidikan di Indonesia, maka baru-baru ini menteri pendidikan dan kebudayaan telah mengeluarkan peraturan menteri tentang anti bullying dalam kegiatan masa orientasi siswa baru melalui Permendikbud Nomor 55 Tahun 2014 dan surat edaran Nomor 59389/MPK/PD/2015. Tindakan bullying terjadi di beberapa tempat di karanganyar yaitu di Kecamatan mojogedang, Kecamatan Mojogedang, tujuan yaitu untuk mengetahui peran orang tua dalam pentingnya bergaul dilingkungan sekolah SD Negeri Mojogedang dan mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dalam pentingnya bergaul dilingkungan sekolah SD Negeri Mojogedang. Penelitian ini menggunakan landasan teori meliputi: 1) Membaca Pemahaman yang merupakan suatu proses memperoleh makna dari isi bacaan. Membaca pemahaman dituntut mampu memahami, menafsirkan, nganalisa, dan mengevaluasi isi dari bacaan; 2) Memahami Model Pembelajaran CIRC sebagai suatu prosedur yang sistematis; 3) Komponen dalam Model Pembelajaran CIRC yang terdiri dari Tim, Placement test, Student creative, dan Team study. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mojogedang, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Pre-Experimental Design. Dari jenis eksperimen tersebut peneliti menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Deisgn. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan yaitu siswa kelas IV SD Negeri Mojogedang yang berjumlah 8 siswa. Selanjutnya dalam metodologi melakukan pengambilan sampel atau yang disebut juga teknik sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu simple random sampling. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest diperoleh nilai minimum 40 dan nilai maximum 70, dengan mean 57,50 . Pada posttest diperoleh nilai terendah 80 dan tertinggi 90, dengan mean 86.25. Hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pengetahuan siswa sebelum dan sesudah menggnakan metode CIRC. Perbedaan tersebut karena adanya perlakuan atau treatment kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah dilakukannya penerapan model CIRC.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriana, F., Mahyuddin, R., & Zuryanty. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Meggunakan Model Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Jounal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/3613.

Almasyari, A. K. (2018). Maju dengan Membaca. Cempaka Putih.

Amalia, M., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Model CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 15–26. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22934.

Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode Circ Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 173–182. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2715

Arditya, G., & Syamsi, K. (2019). The Influence of Quantum Teaching Method and Cooperative Integrated Reading and Composition Method on Descriptive Writing Skill of Elementary Student. KnE Social Sciences, 2019, 296–304. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4651

Azhari, S. N., Cahyani, I., & Kirana, P. (2019). Application Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to Improve Reading Comprehension Skills of Class V Elementary School Student. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 3(1), 150. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v3i1.32452

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan

Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217.

Donal, A., & Niati, B. (2017). The Effect of Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) on Students’ Reading Comprehension of Essay at English Study Program of University of Pasir Pengaraian. Proceeding of The 1st UR International Conference on Educational Sciences, October, 370–375.

Fitriani, A. D., Robandi, B., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Metode CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22900.

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Jurnal Institut Pendidikan, 1(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737.

Herlinyanto. (2015). Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat membaca). Deepublish.

Humairoh, S., & Rahman. (2016). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dan Cooperative Script(Cs) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 11(1), 8–20. https://doi.org/10.17509/md.v11i1.3782.

Maqbool, R., & Ch., A. H. (2022). Impact of Cooperative Integrated Reading and Composition Method on Development of English Reading and Writing Skills of Secondary School Students. Global Social Sciences Review, VII(I), 401–416. https://doi.org/10.31703/gssr.2022(vii-i).37.

Mariana, E., Sutisna, E., & Wahyuni, A. (2020). the Use of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Students’ Reading Comprehension. Journal of English Teaching and Linguistics Studies (JET Li), 2(2), 43–51. https://doi.org/10.55215/jetli.v1i2.2474

Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca (1st ed.). Deepublish.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115.

Nuraini, R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition ( Circ ) Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15534

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-13