PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI DAN PERCAYA DIRI SISWA SMP

Penulis

  • Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Ruhiman MTsN 2 Bandung Barat
  • Yeni Rostikawati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10600

Kata Kunci:

teks diskusi, kepercayaan diri, dan model PBL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)  keefektifan penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media visual dalam  meningkatkan kemampuanm(menulis) teks diskusi dan kepercayaan diri siswa;  2) korelasi antara kepercayaan diri dan kemampuan menulis teks diskusi; 3)  mendeskripsikan kinerja siswa selama pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunaakn metode problem based learning berbantuan media visual. Jenis penelitian berupa kuasi eksperimen dengan populasi siswa MTsN 2 Bandung Barat; 4) kesulitan siswa dalam menulis teks eksposisi. Sampel penelitian adalah kelas IX E sebagai kelas kontrol, dan kelas IX F sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas berjumlah 30 siswa.. Hasil penelitian menunjukkan: 1)  kemampuan menulis teks diskusi dan kepercayaan diri siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan media visual lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensiona; 2) terdapat korelasi antara kepercayaan diri dan kemampuan menulis teks diskusi; 3) Selama penerapan model PBL ini, aktivitas guru dan siswa termasuk berkategori sangat baik. Hasil tes akhir pengetahuan menunjukkan rata-rata perolehan kelas eksperimen termasuk kategori sedang, sedangkan kelas kontrol menunjukkan kategori kurang. Rata-rata nilai akhir keterampilan menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai lebih baik daripada kelas kontrol. Kesulitan yang dialami kedua kelas pada saat praktik menulis teks diskusi pada umumnya terletak pada kegiatan merangkai kalimat menjadi teks secara utuh sesuai struktur dan kaidah dan menyimpulkan argumen yang kontroversial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, T. (2018). Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. (P. Latifah, Ed.) (Cetakan 10). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI V. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from kbbi.kemdikbud.go.id

Darni. (2015). Penggunaan Media Koran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Memindai di Sekolah Dasar. Pena, Volume 5 N.

Dewi, R. S. (2017). Peningkatan Memulis Teks Diskusi menggunakan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP), Vol 6, No.

Dewi, R. S. (2017b). Peningkatan Menulis Teks Diskusi Menggunakan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 6 No., 1–12.

Efnawarty (SMP Negeri 1 Rejang Lebong). (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Diskusi dengan menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Debat pada Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 1 Rejang Lebong. DISASTRA, Volume 1 N, 78–89.

Eggen, P. & D. K. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Emria, Fitri, Nilma Zola, I. I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI, Volume 4 N, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02017182

Fajaria Dita, S. N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman melalui Model Numbered Heads Together dengan Media Surat Kabar. Joyful Learning Journal, Volume 4 N, 49–56.

Fakhiroh Ani, S. H. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara. El-Ibtikar, Volume 7 N, 34–46.

Fatimah, E. (2008). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Ghazali, A. S. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Haryawan, A. D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Kelas VIII SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2).

Hasanah, A. (2018). Pengembangan Profesi Guru (Cetakan 2). Bandung: Pustaka Setia.

Hendriana, H., & Utari Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iswidharmanjaya, D. dan J. E. (2014). Satu Hari menjadi lebih Percaya Diri. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, 89–99.

Kosasih, E. dan E. K. (2018). Jenis-Jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Marini, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII MTS Negeri Muara Bungo. Markah, Vol 6, No.

Marini Sera, Abdurahman, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII Mts Negeri Muara Bungo. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 6 N, 312–320.

Mulyasa E. (2017). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, A. S. (2017). Penerapan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pedagogia.

Nurhidayah, Febryna, Siti Zubaidah, H. K. (2016). Analisis Kebutuhan Worksheet untuk Pembelajaran Berbasis Masalah di SMKN 2 Batu. Jurnal Pendidikan, Volume 1 N, 1224–1228.

Reykhani, P. S., Kosasih, E., & Harras, K. A. (2019). Teks Diskusi Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 3 Majalengka. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 14–34.

Reykhani Putri Siti, E. Kosasih, K. A. H. (2019). Teks Diskusi sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Majalengka. METABAHASA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 2 N.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sirait, B. E. F. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Basastra, Vol 4, No.

Situmorang Rosdiana Meliana, Muhibbuddin, K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal EduBio Tropika, Volume 3 N, 51–97.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sumarmo, U & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama.

Supriyadi, A., Ningsih, K., Ariyati, E., & Biologi, D. P. (2013). Media Koran Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik Pada Sub Materi.

Tri, Wahyuningrum, Z. I., & Syaifudin, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Menyusun Teks Diskusi Bermuatan Multikultural menggunakan Model Inkuiri Sosial dan Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMP. Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 6 N, 208–216.

Warsono & Hariyanto. (2016). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yanti, Prima Gusti, D. R. F. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) terhadap Kemampuan Membaca Puisi. Lingua, Volume XII, 133–140.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-13