PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN MAHASISWA

Penulis

  • Hafizah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Desy Maya Tya Ningrum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10371

Abstrak

Abstrak Pelaksanaan penelitian didasarkan pada pentingnya keterampilan menulis teks ulasan bagi mahasiswa sebagai sarana dalam berpikir kritis dan kreatif. Diketahui bahwa mahasiswa PGSD Universitas Bhayangkara Jakarta Raya masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi identitas teks, memahami informasi yang terkandung dalam teks, pendapat dari penulis teks, membandingkan teks yang diulas dengan yang sejenis, serta belum dapat menentukan kekurangan dan kelebihan teks secara kritis dan kreatif. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran Inquiry Based Learning berbantuan media Youtube untuk memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks ulasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan menulis teks ulasan mahasiswa, Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Nonequivallent Control Group Design. Data dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji -t).  Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning berbantuan media Youtube mahasiswa dengan nilai sig.0,001.            Kata Kunci: Inquiry Based Learning, teks ulasan, Youtube    

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alameddine, M. M., & Ahwal, H. W. (2016). Inquiry Based Teaching in Literature Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 332–337. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.031

Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612

Arsyad, F. (2020). Peqguruang: Conference Series. 2.

Azis, N., Daeng, J., Raya, T., & Selatan, S. (n.d.). TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII Abstract : Aspects of Critical Thinking in Review Texts in Class VII Indonesian. 141–151.

Bell, R., Smetana, L., & Binns, I. (2005). Simplifying inquiry instruction. The Science Teacher, 72(7), 30–33.

Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Degner, M., Moser, S., & Lewalter, D. (2022). Digital media in institutional informal learning places: A systematic literature review. Computers and Education Open, 3(December 2021), 100068. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100068

Devi, A. K. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Pendek pada Siswa dengan Strategi Think Talk Write. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 109–123.

Lazonder, A. W., & Harmsen, R. (2016). Meta-Analysis of Inquiry-Based Learning: Effects of Guidance. Review of Educational Research, 86(3), 681–718. https://doi.org/10.3102/0034654315627366

Lubis, S. S. W. (2019). Keterampilan Menulis Essai Dalam Pembentukan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(2), 1–17. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/index

Lustyantie, N., Iskandar, I., & Author, C. (2023). Pemanfaatan Youtube pada Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id/Index.Php/Disastra/Article/View/9832/4860, 5, 237–247.

Mayangsari, N., Nurhaedah, & Amir, A. M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 3(3), 94–100.

Nurzulfa Setiadi, U. (2021). Penerapan Model Vct (Value Clarification Technique) Dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi Di Era Society 5.0. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 11(1). https://doi.org/10.23969/literasi.v11i1.3532

Puji Hastuti, K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Geografi Melalui Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society). Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2642

Putri, K., Azhari, P. I., & Musrid, R. (2021). The Development of Local-Based Teaching Materials Using Inquiry Learning in Class IV of 105346 Public Elementary Schools Araskabu, School Year of 2019/2020. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 305–321. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1604

Rajagukguk, W., Muhammad, K. M. S., Fauzi, A., & Hia, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematik Berbasis Inkuiri Berbantuan Multi Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se- Provinsi Sumatera Utara Abstract . This study aims to develop inquiry based multimedia mathematics teaching materials that. 12(1), 1–6.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulandari, R., Rahman K, A., & Busrah, Z. (2021). Youtube Sebegai Media Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 17–30.

Yustiyawati, Y., Hasanudin, C. H., & Amin, A. K. A. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Ulasan Dengan Metode Quantum Learning Berbantukan Google Classroom. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.456

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-09