KEVARIASIAN KEVARIASIAN DALAM TEKS EKSPLANASI KARYA SIWA SMP
VARIASI DALAM PEMBUKAAN KALIMAT, POLA KALIMAT, DAN JENIS KALIMAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10277Kata Kunci:
KALIMAT, TEKS EKSPLANASI, KEVARIASIANAbstrak
Kalimat mempunyai peran penting dalam kegiatan berbahasa melalui lisan dan tulis. Satuan gagasan, ide, atau amanat dalam kalimat harus mampu tersampaikan dengan jelas oleh seorang penutur dan penulis. Tidak terkecuali gagasan dalam teks eksplanasi. Penjelasan tersebut dikemas antara lain dalam bentuk definisi, argumentasi, klarifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan konstruksi. Penggunaan kalimat efektif sudah seharusnya diterapkan oleh siswa SMP kelas VIII dalam menulis teks eksplanasi. Jika siswa dapat menerapkan kaidah kalimat efektif, maka teks eksplanasi yang ditulis dapat mudah dipahami oleh pembaca dan tidak menimbulkan multitafsir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat efektif dan tidak efektif yang terdapat pada teks eksplanasi karya siswa SMPN 1 Turen kelas 8 berdasarkan aspek kevariasian, kesejajaran, kehematan, dan kelengkapan. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan teks eksplanasi karya siswa SMPN 1 Turen kelas 8 yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan kevariasian, ditemukan variasi pada pembukaan kalimat. Masing-masing kalimat diawali dengan nomina, keterangan waktu, verba, dan konjungsi. Ditemukan kalimat dengan jenis nomina, keterangan waktu, verba, dan konjungsi yang berbeda. Selain variasi dalam pembukaan, ditemukan pula variasi pola kalimat yang terdiri atas pola subjek-predikat-pelengkap (S-P-Pel), predikat-subjek-objek (P-S-O), objek-subjek-predikat (O-S-P), subjek-keterangan-predikat (S-K-P), dan keterangan-subjek-predikat (K-S-P).Unduhan
Referensi
Akhadiah, S., M.G. Arsyad & S.H. Ridwan. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Almanshur C, F. & Ghony D. 2012. Metodologi Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar‐Ruzz Media
Amril, K.J. & Emidar. 2020. Keefektifan Kalimat pada Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(20). Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/108988.
Anggraini, A. 2006. Mengasah Keterampilan Menulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arifin, Z. & Tasai, A. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Presindo.
Isnatun dan Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira
Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks. Yrama Widya: Bandung
Priyatni, E. T. 2014. Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Putrayasa, I. B. 2007. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur dan Logika. Bandung: Refika Aditama
Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Soedjito. 1990. Kalimat Efektif. Bandung: Remaja Karya CV
Soedjito & Saryono. 2012. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Yogyakarta: AM Publishing.
Sugiyono. 2012. Mehami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherli, Suryaman M., Septiaji A. & Istiqomah. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sumadi. 2013. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3
Suparno & Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Widjono. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.