KEVARIASIAN KEVARIASIAN DALAM TEKS EKSPLANASI KARYA SIWA SMP

VARIASI DALAM PEMBUKAAN KALIMAT, POLA KALIMAT, DAN JENIS KALIMAT

Penulis

  • WIDYA FATKHAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG
  • Dawud Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang
  • Gatut Susanto Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10277

Kata Kunci:

KALIMAT, TEKS EKSPLANASI, KEVARIASIAN

Abstrak

Kalimat mempunyai peran penting dalam kegiatan berbahasa melalui lisan dan tulis. Satuan gagasan, ide, atau amanat dalam kalimat harus mampu tersampaikan dengan jelas oleh seorang penutur dan penulis. Tidak terkecuali gagasan dalam teks eksplanasi. Penjelasan tersebut dikemas antara lain dalam bentuk definisi, argumentasi, klarifikasi, klasifikasi, interpretasi,  dan konstruksi. Penggunaan kalimat efektif sudah seharusnya diterapkan oleh siswa SMP kelas VIII dalam menulis teks eksplanasi. Jika siswa dapat menerapkan kaidah kalimat efektif, maka teks eksplanasi yang ditulis dapat mudah dipahami oleh pembaca dan tidak menimbulkan multitafsir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat efektif dan tidak efektif yang terdapat pada teks eksplanasi karya siswa SMPN 1 Turen kelas 8 berdasarkan aspek kevariasian, kesejajaran, kehematan, dan kelengkapan. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan teks eksplanasi karya siswa SMPN 1 Turen kelas 8 yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan kevariasian, ditemukan variasi pada pembukaan kalimat. Masing-masing kalimat diawali dengan nomina, keterangan waktu, verba, dan konjungsi. Ditemukan kalimat dengan jenis  nomina, keterangan waktu, verba, dan konjungsi yang berbeda. Selain variasi dalam pembukaan, ditemukan pula variasi pola kalimat yang terdiri atas pola subjek-predikat-pelengkap (S-P-Pel), predikat-subjek-objek (P-S-O), objek-subjek-predikat (O-S-P), subjek-keterangan-predikat (S-K-P), dan keterangan-subjek-predikat (K-S-P).  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhadiah, S., M.G. Arsyad & S.H. Ridwan. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Almanshur C, F. & Ghony D. 2012. Metodologi Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Ar‐Ruzz Media

Amril, K.J. & Emidar. 2020. Keefektifan Kalimat pada Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(20). Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/108988.

Anggraini, A. 2006. Mengasah Keterampilan Menulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, Z. & Tasai, A. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Presindo.

Isnatun dan Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira

Kosasih. (2014). Jenis-jenis Teks. Yrama Widya: Bandung

Priyatni, E. T. 2014. Desain pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Putrayasa, I. B. 2007. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur dan Logika. Bandung: Refika Aditama

Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Soedjito. 1990. Kalimat Efektif. Bandung: Remaja Karya CV

Soedjito & Saryono. 2012. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Yogyakarta: AM Publishing.

Sugiyono. 2012. Mehami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suherli, Suryaman M., Septiaji A. & Istiqomah. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumadi. 2013. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3

Suparno & Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Widjono. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02