PROYEK PROFIL PANCASILA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP PADA PESERTA DIDIK

Penulis

  • Maskurotun Nadhirah Universitas Jambi
  • Qonita Lufiah Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Jambi
  • Hadiyanto Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10240

Kata Kunci:

enterpreneurship, profil pelajar Pancasila, kurikulum merdeka.

Abstrak

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu untuk memahami mengenai profil pelajar pancasila sebagai upaya menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum merdeka menjadi kurikulum yang paling optimal dalam menumbuhkan jiwa enterpreneurship pada peserta didik melalui pengembangan profil pelajar pancasila. Dimana pada pengembangan profil pelajar pancasila ini melakukan kegiatan pembelajaran dengan berbasis proyek. Sehingga, diharapkan kedepannya peserta didik menjadi masyarakat yang kreatif, mandiri dan mampu menghadapi permasalahan ekonomi yang ada di Indonesia sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Balai Guru Penggerak. (2023). Apa Itu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Diakses pada 30 Agustus 2023 dari https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/2023/03/10/apa-itu-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila/

Dainuri. (2019). Kontribusi Pendidikan Entrepreneurship: Suatu Upaya Konstruktif Menumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Mahasiswa. Jurnal of Sharia Economics,(1)1, 6-8.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Kemendikbud Ri. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila(1 Ed.). 7.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Lexy J. Moleong. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Manalu, J., Sitohang, P., & Henrika, N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.

Noyman. (2022). Tanamkan Jiwa Entrepreneur Sejak Dini, Direktorat SMP Gelar Webinar Pendidikan Kewirausahaan. Diakses 30 Agusrus 2023 dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/tanamkan-jiwa-entrepreneur-sejak-dini-direktorat-smp-gelar-webinar-pendidikan-kewirausahaan/#:~:text=%E2%80%9CMelalui%20pendidikan%20kewirausahaan%20peserta%20didik,etis%20agar%20dapat%20mencapai%20hasil

Nurseto, Tejo. (2010). Pendidikan Berbasis Entrepreneur. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Vol. VIII. No.2.

Pujileksono, S. (2016). Pujileksometode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publishing.

Riant, Nugroho. (2009). Memahami Latar Belakang Pemikiran Entrepreneuship. Ciputra: Membangun Keunggulan Bangsa dengan Membangun Entrepreneur. Jakarta:Elexmedia.

Safitri, Andriani., Dwi, w., & Yusuf, T.H.(2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal BASICEDU, (6)4,3-6.

Suhardi, S. (2022). Nalisis Penerapan Pendidikan Agama Islam Dalam Demensi Profil Pancasila. Prosiding JLas, 1(1), 468–476.

Suryaman, Maman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Hlm. 13-28.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-02