Persuasive in preaching discourse of mamah dedeh and aa beraksi on indosiar
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v14i1.10117Abstrak
Bahasa memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan. Salah satunya penggunaan persuasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan orientasi teoritis analisis wacana. Data penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat. Data penelitian diperoleh dari wacana dakwah berbentuk persuasif yang ditranskripsi dari kegiatan program acara Mamah Dedeh dan AA Beraksi di Indosiar yang diunduh dari media Youtube bulan Maret 2019. Hasil dari analisis wacana dakwah Mamah Dedeh di Indosiar meliputi, (1) diksi persuasif meliputi (a) pilihan kata mengajak dengan menganjurkan dan menyuruh, (b) pilihan kata melarang dengan mencegah dan mengharamkan, (c) pilihan kata mengancam dengan rasa takut dan merugikan; (2) isi pesan persuasif meliputi (a) isi pesan ajakan untuk melakukan tindakan, menganjurkan, dan menyuruh (b) isi pesan larangan dengan memerintah dan permintaan (c) isi pesan ancaman dengan celaka diri sendiri dan celaka orang lain, dan; (3) strategi pesan persuasif meliputi (a) strategi menguatkan rasional dengan fakta yang ada dan logika, (b) strategi membangkitkan emosional dengan menekankan kesedihan dan menekankan kecemasan, dan (c) strategi campuran dengan menekankan keburukan dan menekankan kebaikan.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.