PENERAPAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v11i1.3532Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor afektif dan psikomotorik siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Value Clarification Technology (VCT) pada pembelajaran menulis argumentasi kelas X SMA Negeri 1 Cisarua tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu, dan jumlah seluruh siswa kelas X adalah 30 orang. Sedangkan jumlah sampel penelitian mengambil seluruh jumlah populasi. Data tentang nilai afektif dan psikomotor siswa dikumpulkan dengan metode observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik parameter. Hasil yang diperoleh adalah 1) perbandingan hasil perhitungan hasil belajar ranah afektif siswa dengan perhitungan uji-t menunjukan bahwa besar thitung 2,910 dan perolehan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,013. 2) perhitungan hasil belajar ranah psikomotor siswa dengan perhitungan uji-t menunjukan bahwa besar thitung 3,714 dan perolehan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,000. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa yang signifikan dengan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) yang diterapkan dalam kegiatan menulis argumentasi.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.