PERILAKU KOMUNIKASI PELAKU HIJRAH

Studi Fenomenologi Pelaku Hijrah dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung

Authors

  • Annisa Novia Sari, Adi Bayu Mahadian Universitas Telkom

Keywords:

Motif Hijrah, Makna Hijrah, Interaksi, Perilaku Komunikasi

Abstract

ABSTRAK Hijrah merupakan sebuah fenomena yang ramai dilakukan oleh masyarakat terutama bagi masyarakat pemeluk agama Islam. Indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia menjadi lahan yang subur bagi kelompok keagamaan yang mengajak masyarakat muslim untuk berhijrah, terlebih setelah adanya social movement pada akhir tahun 2016 yang membuat masyarakat muslim Indonesia bersikap penasaran terhadap agama Islam. Shift sebagai salah satu kelompok keagamaan telah lebih dulu hadir sebelum social movement 212 ataupun 411 yaitu pada tahun 2015 dengan misi untuk mengajak masyarakat terutama remaja dewasa untuk berhijrah atau berpindah dari kebiasaan lamanya, untuk lebih mengenal agama dan membuka pemahaman bahwa segala urusan dunia harus dibarengi dengan urusan akhirat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Komunikasi dengan melihat motif sebagai dorongan, makna dan interaksi yang dipertukarkan seseorang yang berhijrah dengan lingkungannya yang dapat membentuk perilaku untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan paradigma intepretif dengan membangun pemahaman dari realitas yang tampak dan melihat suatu fenomena melalui orang yang mengalaminya. untuk mendapatkan sumber data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dengan enam orang informan dengan tiga informan adalah informan utama dan tiga lainnya sebagai informan pendukung dan dokumentasi berupa audio maupun visual. Hasil dari penelitian selama tiga bulan untuk melihat Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah adalah ada empat motif yang membuat seseorang berhijrah yaitu dorongan masa lalu, dorongan teman, ingin mempengaruhi orang lain dan dorongan masa depan. Selain itu terdapat makna hijrah bagi pelakunya yaitu ingin terus memperbaiki diri, membuat diri lebih berhati – hati dan membuat pandangan baru dalam melihat Islam. Perilaku komunikasi juga dapat dilihat berdasarkan interaksi yang dipertukarkan oleh pelaku hijrah. Terlihat dari bahasa yang digunakan yang tidak memiliki perbedaan dengan sebelum berhijrah, namun lebih menggunakan bahasa yang lebih baik dari sebelumnya yang dianggap buruk, selanjutnya seseorang yang telah berhijrah memiliki keinginan lain yaitu mengajak orang lain agar merasakan pengalaman serupa dengan orang yang telah memiliki pengalaman berhijrah dengan pendekatan yang berbeda – beda.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Annisa Novia Sari, Adi Bayu Mahadian, Universitas Telkom

Universitas Telkom

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. (1999). Psikologi Sosial. Jakarta: Eineka Cipta.

Asunarto. (2011). Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Bagian Humas dan Protokol Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. (2017). Launching Gerakan Sholat Subuh Berjamaah. Diakses pada 15 September 2017. Dari http://portal.bandung.go.id/.

Chalil, Moenwar. (2001). Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW. Jakarta: Gema Insani Press.

Gumilang, Prima. (2016). Karpet Merah 'Islam Radikal' di Aksi Anti Ahok #212. Diakses pada 16 Desember 2017. Dari https://www.cnnindonesia.com/.

Ismail, Yahya. (1995). Hubungan Penguasa dan Rakyat dalam Persppektif Sunnah. Jakarta: Gema Insani Press.

Kuswarno, Engkus. (2013). Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran.

Kitab Suci Al – Quran dan Terjemahannya: Al – Muhaimin. (2005). Jakarta: Gema Insani

Moleong, Lexy. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Bogor: Prenadamudia Grup

Na’im,Akhsan.,Syahputra,Hendry. (2010). Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari – Hari Penduduk Indonesia Hasil Sensus Penduduk 2010. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Diakses pada 15 September 2017. Dari http://bps.go.id/.

Nur, Muhammad Farras. (2016). Interaksi Antara Players Game Online Dota. Universitas Telkom.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rejeki, Ninik Sri. (2011). Mix Methodology Dalam Penelitian Komunikasi. Mata Padi Pressindo

Sobur, Alex. (2013). Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunaryo. (2004) Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

West, Richard., Turner, Lynn H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2018-03-28