Strategi Word Of Mouth Pada Program Emina Girl Gang Ambassador

Authors

  • Sonia Dewi, Itca Istia Wahyuni Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i1.2151

Keywords:

Strategi Pemasaran, Word of Mouth, Elemen 5T’s, Customer Engagement, Emina Cosmetics

Abstract

PT Paragon Technology and Innovation merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik di Indonesia yang membawahi beberapa merek salah satunya Emina Cosmetics. Untuk meningkatkan customer engagement, Emina Cosmetics membentuk sebuah beauty community yaitu Emina Girl Gang Ambassador yang banyak melakukan kegiatan yang diunggah pada sosial media Instagram. Hal  ini  akan  mendorong  terjadinya  Word  of  Mouth. Di dalam word of mouth terdapat elemen-elemen yang mendukung strategi word of  mouth itu sendiri. Elemen-elemen tersebut yaitu 5T’s yang terdiri dari: Talkers, Topics, Tools, Taking part, dan Tracking. Penelitian ini menjelaskan Strategi Elemen Word Of Mouth 5T’s  pada Emina Cosmetics melalui Program Emina Girl Gang Ambassador dalam deningkatkan Customer Engagement. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Emina Cosmetics menggunakan para anggota Emina Girl Gang Ambassador yang telah dipilih sebagai Talkers. Topics utama yang disusun yaitu campaign. Tools yang banyak digunakan yaitu fitur Instagram Post dan Instagram Story. Taking Part yang diterapkan melalui Emina Girl Gang Ambassador Penggunaan hashtag tertentu dan mengajak audiens terlibat langsung pada aktivitas yang dilakukan Emina Girl Gang Ambassador. Emina Cosmetics menggunakan tiga cara pada tahap Tracking, yaitu melacak dengan cara manual, melihat feedback yang didapatkan dan menerapkan point system pada Emina Girl Gang Ambassador. Dapat disimpulkan bahwa Emina Cosmetics cukup berhasil dalam meningkatkan customer enggagement dengan elemen-elemen word of mouth yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut: Word of Mouth Marketing. Jakarta: MedPress.

Kotler; Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Nilasari, Senja. (2014). Manajemen Strategi itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas.

Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sernovitz, A. (2009). Word of Mouth Marketing. New York: Kaplan Publishing.

Sumardy, Silviana, M., & Melone, M. (2011). Rest in Peace Advertising Killed By The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumber Jurnal :

Muhammad, Fauzan Basalamah. (2010). Pengaruh Komunitas Merek terhadap Word of Mouth. http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jbb/article/download/629/614

Novianti, Rifky; Artanti, Yessy.(2015). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Word Of Mouth (WOM) melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/13554/12449

Prabowo, Hartiwi; Lily. (2011). Pengaruh Word Of Mouth Marketing dan Pameran terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah. https://journal.binus.ac.id/index.php/BBR/article/view/1137

Saputri, Mutia; Istia, Itca Wahyuni. (2018). Analisis 5T’s Word of Mouth Marketing Guteninc Bandung. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/6183/6162

Shanti, Dewi Nugrahani. (2013). Peran Strategi Komunikasi Pemasaran “Word of Mouth” dalam Pengambilan Keputusan Konsumen. https://www.google.com/interstitial?url=http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/do wnload/51/588

Trusov, Michael, dkk. (2009). Effects of Word-of-Mouth Versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.622.9010&rep=rep1&type=pdf

Nindhira Rossellini, Nindhira Putri. Suhariadi, Fendy. (2013). Hubungan antara Kepuasan Pelanggan dengan Word of Mouth pada Pelanggan Klinik Kecantikan London Beauty Centre. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110810269_Ringkasan.pdf

Sumber Internet :

Tren dan Perilaku Pasar Kosmetik Indonesia Tahun 2017. (2017). Diakses pada 2 Maret 2019 dari Sigma Research: http://sigmaresearch.co.id/tren-dan-perilaku-pasar-kosmetik- indonesia-tahun-2017/

Best of Beauty Make-up 2018. (2018). Diakses pada 5 Maret 2019 dari Female Daily:http://awards.femaledaily.com/winner/makeup2018/

Pentingnya Promosi Word of Mouth. (2011). Diakses pada 8 Agustus 2019 dari Marketing.co.id: : https://marketing.co.id/pentingnya-promosi-word-of-mouth

Downloads

Published

2020-01-28