PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PEREMPUAN DI KOTA SURABAYA SEBAGAI PENGGUNA KONTEN TIKTOK #OUTFITIDEAS

Authors

  • Binta Kayyisa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur
  • Heidy Arviani Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

perilaku konsumtif, masyarakat konsumsi, #outfitideas

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu kecenderungan perilaku yang dialami oleh manusia yang lebih mementingkan keinginan daripada suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena perilaku konsumtif yang terjadi pada remaja perempuan di Kota Surabaya sebagai pengguna konten TikTok #outfitideas. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dalam pengumpulan datanya menggunakan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan enam informan remaja perempuan berusia 13 tahun sampai 18 tahun di Kota Surabaya sebagai pengguna konten TikTok #outfitideas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten TikTok #outfitideas yang dikonsumsi membuat remaja menjadi berperilaku konsumtif lebih mengutamakan keinginan (nilai tanda) daripada kebutuhan (nilai guna) dan fashion diidentikkan dengan wanita menampilkan berbagai model feminin yang mengajak kaum wanita untuk membiasakan diri dengan menyenangkan dirinya sendiri yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan serta dapat menjadi perhatian bagi dirinya sehingga perilaku konsumtif terjadi pada remaja perempuan terutama pada kota besar seperti Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 77–83.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Buku Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi.

Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–12.

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560

Poetri, M. R., Ranteallo, I. C., & Zuryani, N. (2014). Perilaku Konsumtif Remaja Perempuan Terhadap Trend Fashion Korea di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(3), 1–12.

Safitri, Y., & Arviani, H. (2023). Peran Konten Promosi Spill Outfit di Tiktok pada Perilaku Konsumtif Remaja Putri Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5253–5262. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2372

Samsu. (2017). METODE PENELITIAN (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development) (Rusmini (ed.)). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Wati, M. Y., & Suyanto, T. (2016). FAKTOR YANG MENDORONG PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMA DI SURABAYA (Studi Deskritif di Pusat Perbelanjaan Darmo Trade Center Surabaya). Kajian Moral Dan Pendidikan, 1(4), 107–121.

Downloads

Published

2024-07-17

Issue

Section

Articles