Eksplorasi kinerja sepeda listrik hibrida dengan menggunakan kontroler speed control 60A: Studi Eksperimental
DOI:
https://doi.org/10.23969/kjitm1120252315229-36Keywords:
Sepeda listrik hibrida, kontroler PWM, MOSFET, pengendalian kecepatan, motor listrik DCAbstract
Sepeda listrik hibrida yang dibuat melalui modifikasi sepeda konvensional memerlukan speed controller pada motor listrik agar putaran roda dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. Modifikasi ini terdiri dari beberapa tahap, dan penelitian ini berfokus pada tahap akhir, yaitu pemasangan sistem pengatur putaran motor listrik. Salah satu metode yang digunakan untuk mengatur tegangan terminal (Vt) adalah Pulse Width Modulation (PWM). Pada penelitian ini, sistem PWM menggunakan MOSFET P75NF75 yang mampu mengontrol kecepatan motor listrik DC dengan arus hingga 80 Ampere. Rangkaian kontroler ini dirancang dengan menggunakan penguat operasional (Op-Amp) sebagai pembangkit sinyal PWM, yang memungkinkan penyesuaian tegangan kerja sesuai dengan spesifikasi motor listrik yang digunakan. Pengujian kinerja sistem dilakukan dengan menggunakan amperemeter, voltmeter, tachometer, dan stopwatch untuk mengukur berbagai parameter performa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontroler PWM 60A dapat dipasang dan berfungsi dengan baik pada sepeda listrik hibrida yang telah dimodifikasi. Sistem ini mampu mengatur percepatan dan deselerasi dengan potensiometer sebagai pengendali utama. Dari pengujian, sepeda listrik ini mampu mencapai kecepatan maksimum 30,29 km/jam dengan daya keluaran sebesar 570,87 watt. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem kontrol PWM pada sepeda listrik hibrida dapat meningkatkan efisiensi pengendalian kecepatan serta memberikan kenyamanan dan fleksibilitas dalam penggunaannya.Downloads
References
[1] C. Sudjoko, Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan Sebagai Solusi Untuk Mengurangi Emisi Karbon”, Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, J. Paradig. J. Multidisipliner Mhs. Pascasarj. Indones. 2 (2021) 54–68. https://journal.ugm.ac.id/paradigma/article/view/70354.
[2] M.H. Faj’ri, Desain Sepeda Listrik dengan Style Motor Boardtrack sebagai Sarana Mobilitas di Perkantoran yang Cepat dan Efisien, 2018. https://repository.its.ac.id/51429/2/3413100030-Undergraduate_Theses.pdf.
[3] H. Putra, S. Jie, A. Djohar, Perancangan sepeda listrik dengan menggunakan motor DC seri, J. Fokus Elektroda Energi List. Telekomun. Komputer, Elektron. Dan Kendali) 4 (2019) 1–7. https://doi.org/10.33772/jfe.v4i2.6270.
[4] L. Anggadewi, I.N. Sutantra, Perancangan dan Analisis Sistem Power dan Drivetrain pada Sepeda Motor Bertenaga Hybrid dengan Kapasitas 110 cc, J. Tek. ITS 9 (2021) 252–258. https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.57086.
[5] T. Suhendra, A. Uperiati, D.A. Purnamasari, A.H. Yunianto, Kendali Kecepatan Motor DC dengan Metode Pulse Width Modulation menggunakan N-channel Mosfet, J. Sustain. J. Has. Penelit. Dan Ind. Terap. 7 (2018) 78–85. https://doi.org/10.31629/sustainable.v7i2.701.
[6] S. Abdussamad, Rancang Bangun Inverter Mini 1.5 Vdc to 220 Vac Untuk Lampu Darurat, J. Tek. 18 (2020) 7–16. https://doi.org/10.37031/jt.v18i1.65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syahbardia, Sentana Agus, Lazuardi Dedi, Herdiyanto Ghian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
KOLECER Jurnal Ilmiah Teknik Mesin by Program Studi Teknik Mesin UNPAS is licensed under CC BY-NC 4.0