Analisis Ketersediaan Dan Tingkat Pelayanan Fasilitas Pendidikan Berdasarkan Teori Neighborhood Unit Di Kawasan Perkotaan Majalengka
Pelayanan Fasilitas Pendidikan
Keywords:
Neighborhood Unit, Sekolah, Pelayanan kota, Walking distanceAbstract
Konsep Neighborhood Unit merupakan konsep kawasan permukiman yang terdapat fasilitas penunjang yaitu salah satunya fasilitas pendidikan. Konsep unit diterapkan dalam menjangkau jarak jangkauan penduduk ke tempat fasilitas pendidikan. Ketersediaan fasilitas pendidikan di Kabupaten Majalengka dilihat dari persebaran fasilitas pendidikan yang tidak merata hal ini disebabkan sebaran hanya terpusat di Kawasan Perkotaan Majalengka. Terjadinya ketidakseimbangnya pemeretaan fasilitas pendidikan ini yang tidak beriringan dengan segi kualitas dan kuantitas fasilitas pendidikan. Analisis sebaran fasilitas pendidikan di PKLP Majalengka untuk mengetahui apakah sebaran fasilitas pendidikan yang ada telah mencukupi sesuai kriteria jarak jangkauan pelayanan berdasarkan pendekatan Neighborhood Unit. Tujuan Studi ini wilayah yang terlayani berdasarkan teori neighborhood unit dan melihat apakah masyarakat memanfaatkan fasilitas pendidikan berdasarkan kedekatan jarak dengan rumah di PKLP Majalengka. Pendekatan studi menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data hasil observasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil analisis ketersediaan fasilitas pendidikan hanya tersebar di tengah pusat perkotaan dan Berdasakan analisis hasil tingkat pelayanan menurut peraturan SNI 2004 dan Neighborhood unit bahwa permukiman PKLP Majalengka belum terlayani 100% oleh fasilitas pendidikan SD, SMP, SMA. Dengan area walking distance yang berbeda-beda hanya. Hal ini masyarakat PKLP Majalengka belum memanfaatkan fasilitas pendidikan menurut kedekatan jarak dengan rumah menurut peraturan SNI 2004 dan pendekatan spasial.
Downloads
References
Endang, & Dkk. (2014). Evaluasi Faktor-Faktor Penentu Lokasi Fasilitas Pendidikan. Evaluasi Faktor-Faktor Penentu Lokasi Fasilitas Pendidikan.
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Sugiar, G. (2019). KAJIAN KETERSEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN BERDASARKAN TEORI NEIGHBORHOOD UNIT DI PUSAT KEGIATAN PERKOTAAN SUMEDANG.
Yuchi, M. (2020). Evaluasi Sebaran Fasilitas Pendidikan Berdasarkan Pendektan Teori Neighboorhood Unit.
SNI 03-1733-2004 tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan.
Standar dan ketentuan kebutuhan fasilitas pendidikan di Kawasan Perkotaan.