Konsep Diri Tuna Netra Di SLBA Budi Nurani Kota Sukabumi

Kata kunci: Konsep Diri, Tuna Netra, Sekolah Luar Biasa (SLB)

Authors

  • Indah Rizki Amanah Kesejahteraan sosial

DOI:

https://doi.org/10.23969/humanitas.v2i1.3314

Keywords:

Konsep Diri

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini berjudul Konsep Diri Tuna Netra di SLB-A Budi Nurani Kota Sukabumi. Konsep diri merupakan penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri atau evaluasi diri sejauh mana seseorang mengetahui dirinya. Konsep diri terbentuk karena adanya interaksi dengan lingkungan sosial. Konsep diri dapat dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman hidup seseorang. Konsep diri merupakan bagian dari kondisi psikologis yang dimiliki oleh semua orang, tidak terkecuali seseorang dengan disabilitas tuna netra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai Konsep Diri Tuna Netra di SLB-A Budi Nurani Kota Sukabumi, untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi Konsep Diri Tuna Netra di SLB-A Budi Nurani Kota Sukabumi, Untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat Konsep Diri Tuna Netra di SLB-A Budi Nurani Kota Sukabumi, Serta untuk mendeskripsikan implikasi teoritis dan praktis pekerjaan sosial dalam meningkatkan Konsep Diri Tuna Netra di SLB-A Budi Nurani Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik: 1) Studi dokumen, 2) Studi lapangan, yang mana peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi nonpartisipan. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang informan utama yaitu siswa tuna netra dan dua orang guru di SLB-A Budi Nurani. Hasil penelitian menunjukan Konsep diri siswa tuna netra di SLB-A Kota Sukabumi cukup baik. Hal ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan sosial serta adanya peranan orang lain dalam hidup mereka. Informan menunjukan adanya gambaran positif mengenai diri mereka dan dapat menerima diri mereka. Namun ada juga yang menjadi hambatan mereka yaitu dari kondisi psikologis seperti perasaan minder serta dari kondisi sosial seperti kesulitan dalam beradaptasi maupun perlakuan buruk dari masyarakat kepada mereka. Rekomendasi ditujukan kepada informan siswa dan guru, orang tua informan, masyarakat, pemerintah serta lembaga terkait dengan tuna netra.   Kata kunci: Konsep Diri, Tuna Netra, Sekolah Luar Biasa (SLB)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-14