DUKUNGAN SOSIAL GURU DAN ORANG TUA PADA PENYANDANG DISABILITAS NETRA DI SLB BC MULTAHADA RANCAEKEK
DOI:
https://doi.org/10.23969/humanitas.v7i2.24099Abstract
Penyandang disabilitas netra menghadapi banyak kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal belajar dan mengembangkan diri. Ketidakmampuan dalam melihat membuat mereka menghadapi kesulitan untuk mendapatkan informasi visual, yang merupakan bagian penting dari proses belajar. Akibatnya, mereka membutuhkan pendekatan khusus dan dukungan yang kuat dari orang-orang di sekitar mereka, terutama guru dan orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai bagaimana dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan orang tua pada penyandang disabilitas netra, hambatan dalam proses memberikan dukungan sosial, solusi, dan juga implikasi praktis dan teoretis pekerja sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) studi dokumen. Informan kunci dari penelitian ini ada 4 yaitu guru dan orang tua penyandang disabilitas netra dan informan sekunder sejumlah 3 orang yaitu anak penyandang disabilitas netra. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan orang tua pada anak penyandang disabilitas netra didominasi dengan pemberian dukungan sosial emosional berupa pemberian motivasi, perhatian, dan kata-kata positif sebagai upaya peningkatan kepercayaan diri penyandang disabilitas netra, dukungan sosial sering diberikan secara verbal. Hambatan yang dialami adalah kesulitan mengontrol emosi, dan komunikasi yang baik, solusi dari hambatan yang dirasakan adalah dengan sabar menahan emosi, mengontrol diri, dan membangun komunikasi yang santai supaya anak dapat menerima arahan, nasehat dengan baik tanpa merasakan sakit hati.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-09-29
Issue
Section
Articles