Praktik Baik Pedagogi Kesejahteraan Sosial
Abstract
Kesejahteraan Sosial adalah ilmu sekaligus praktik pertolongan yang membantu invividu, kelompok dan masyarakat serta sistem sosial yang lebih besar untuk meningkatkan keberfungisan sosial dan keadilan sosial. Untuk mengajarkan ikmu dan praktik tersebut di konteks pendidikan tinggi, diperlukan pedagogi atau strategi pembelajaran yang tepat. Bagaimanapun, karena sifat keilmuannya yang merupakan ilmu sosial, terapan, multidisiplin memdorong dosen untuk dapat menerjemahkan teori-teori ke dalam metode praktis-aplikatif. Penelitian ini melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Kesejaheraan Sosial UIN Sunan Kalijaga dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Matakuliah yang diteliti adalah matakuliah bermuatan praktik, baik yang terkait dengan intervensi mikro, mezzo dan makro serta praktikum. Hasil penelitian menemukan bahwa dosen telah menerapkan metode pembelajaran andragogi atau student-centered, experiential learning.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2025-03-21
Issue
Section
Articles