Efektivitas Cognitive Behavior Therapy (CBT) Pada Anak Yang Mengalami Gender Dysphoria di Kelurahan Kebon Waru Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

Efektivitas Cognitive Behavior Therapy (CBT) Pada Anak Yang Mengalami Gender Dysphoria di Kelurahan Kebon Waru Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

  • Meiti Subardhini POLTEKESOS BANDUNG
  • Uga Pratama Gunawan STKS Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Cognitive Behavior Therapy (CBT) pada anak yang mengalami Gender Dysphoria atau Gender Identity Disorder. Perilaku subject dalam gaya berpakaian, gaya bicara, dan identifikasi diri yang mengarah kepada opposite gender yang dimilikinya menjadi fokus intervensi dalam penelitian ini. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan Single Subject Desain (SSD). Model penelitian yang digunakan yaitu A-B-A yang terjadi dari tiga fase anatara lain. Fase A1 (baseline), Fase b (Intervensi), dan fase A2 (hasil). Instrumen yang digunakan adalah lembaran pencatatan observasi prilaku. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi dan pencatatan produk permanen. Data yang di peroleh dianalisis dengan cara pembuatan grafik, pembuatan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) efektif untuk menekan perilaku Gender Dysphorianya yang sebelumnya membuat dia tidak adaptif dengan lingkungan. Perubahan yang terjadi setelah dilakukan terapi ini subject menjadi lebih adaptif dengan lingkungannya dan perilaku-perilaku yang mengarah kepada opposite gendernya dapat ditekan. Rekomendasi penilitian ini dapat dilanjutkan  untuk melihat pengaruh terapi CBT dalam penanganan permasalahan Gender Dysphoria pada masa yang akan datang dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam perkembangan ilmu pekerjaan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 7, 2020
How to Cite
SUBARDHINI, Meiti; GUNAWAN, Uga Pratama. Efektivitas Cognitive Behavior Therapy (CBT) Pada Anak Yang Mengalami Gender Dysphoria di Kelurahan Kebon Waru Kecamatan Batununggal Kota Bandung.. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 110-127, jan. 2020. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/1948>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles