DAMPAK PROGRAM LINGKUNGAN “JAGA SEKE” TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Terhadap Pelaksanaan CSR PDAM Tirta Wening di Kelurahan Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong Kota Bandung)

DAMPAK PROGRAM LINGKUNGAN “JAGA SEKE” TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Terhadap Pelaksanaan CSR PDAM Tirta Wening di Kelurahan Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong Kota Bandung)

  • Ramadika Septiadi UNPAS
  • Riany Laila Nurwulan Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Dampak Program Lingkungan “Jaga Seke” CSR PDAM Tirta Wening terhadap pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Lebak Siliwangi. Lingkungan (planet) sebagai salah satu aspek dalam konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemberdayaan masyarakat sebagai upaya untuk memfasilitasi masyarakat agar memiliki kemampuan dan kemandirian secara ekonomi, ekologi, dan sosial. Tiga indikator pemberdayaan masyarakat tersebut digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan analisis kualitatif. Informan penelitian ini adalah masyarakat yang berada di dekat wilayah mata air di kelurahan Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong Kota Bandung
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Lebak Siliwangi menunjukkan hasil adanya kemampuan dan kemandirian secara ekonomi, ekologi maupun sosial. Kemampuan dan kemandirian ekonomi ditunjukkan dengan adanya tambahan penghasilan dari penjualan air bersih, Kemampuan dan kemandirian secara ekologi ditunjukkan dengan Kemampuan dalam menjaga kebersihan dan lingkungan, dan Kemampuan dan kemandirian secara sosial ditunjukkan dengan terjalinnya relasi sosial antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya dengan baik, serta adanya Gotong royong pada saat pelaksanaan program.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa CSR PDAM Tirta Wening melalui  program lingkungan “Jaga Seke” berdampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat Kelurahan Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong Kota Bandung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 6, 2020
How to Cite
SEPTIADI, Ramadika; NURWULAN, Riany Laila. DAMPAK PROGRAM LINGKUNGAN “JAGA SEKE” TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Terhadap Pelaksanaan CSR PDAM Tirta Wening di Kelurahan Lebak Siliwangi Kecamatan Coblong Kota Bandung). Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 99 - 109, jan. 2020. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/1946>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles