MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH KATA RUJUKAN PADA TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS IX-C SMP NEGERI 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Susi Metika Sari Universitas Pasundan
  • Setyo Budi utomo Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Model discovery learning, menelaah, kata rujukan, tanggapan

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tentang peningkatkan kemampuan menelaah kata rujukan pada teks tanggapan menggunakan model pembelajaran discovery learning, dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan menelaah kata rujukan pada teks tanggapan peserta didik . Penelitian ini difokuskan pada penguasaan konsep, aktivitas belajar peserta didik dan terhadap soal-soal menelaah kata rujukan pada teks tanggapan. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Bandung dengan sampel peserta didik kelas IX-C. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah soalĀ  berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan menelaah kata rujukan pada teks tanggapan peserta didik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning sangat efektif digunakan pada materi menelaah kata rujukan pada teks tanggapan. Peserta didik juga yang memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learning terjadi peningkatan yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan menelaah kata rujukan pada teks tanggapan peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-30