PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN KATA RUJUKAN DALAM TEKS TANGGAPAN KELAS IX SMPN 18 BANDUNG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Penulis

  • Mina Kurniatin Universitas Pasundan
  • Frilia Shantika Regina Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Kata rujukan, Teks tanggapan, Discovery Learning

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 18 Bandung, kualitas hasil belajar menemukan kata rujukan dalam teks tanggapan kelas IX. 6 masih di bawah Kriteria Ketuntasn Belajar, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menemukan kata rujukan dalam teks tanggapan melalui model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian  berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menemukan kata rujukan dalam teks tanggapan. Dari nilai rata-rata prasiklus 60.00 menjadi 65.30 pada siklus I, 75.00 pada siklus II, dan 90.16 pada siklus III.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-30