PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MATERI KETENAGAKERJAAN PADA KELAS XI IPS 5 SMAN 11 BANDUNG

Penulis

  • Henny Henny Universitas Pasundan
  • Puji Pandulidinillah Universitas Pasundan
  • Asep Syamsul Bachri Syamsul Bachri Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Metode Team Game Tournament, Prestasi Belajar, Keterampilan Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan sosial dan peserta didik kelas XI IPS 5 SMAN 11 Bandung melalui penerapan metode Team Game Tournament (TGT). Keterampilan sosial yang menjadi fokus penelitian adalah hubungan teman sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, evaluasi diri, wawancara, tes tertulis, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan terhadap keterampilan sosial setelah diterapkan metode TGT, tapi belum konsisten dalam peningkatan prestasi belajar. Peningkatan keterampilan sosial berkategori sangat baik dalam evaluasi diri siklus 1 sebesar 79,12% dan siklus 2 sebesar 79,04%. Berdasarkan hasil pengamatan keterampilan sosial kelompok sebesar 81,25% pada siklus 1 dan sebesar 90,97% pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar peserta didik terjadi berdasarkan ketuntasan belajar siklus 1 sebesar 88,24%, tetapi tidak terjadi pada siklus 2 karena ketuntasan hanya 18,75%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-31