PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISTEM TRANSPOR TUMBUHAN MENGGUNAKAN METODE KINESTETIK DI KELAS XI-A SMA KESATUAN BANGSA

Authors

  • Deera Army Pramana Universitas Pasundan
  • Fitri Aryanti Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/gardaguru.v3i02.5147

Keywords:

gaya belajar, kinestetik, berpikir tingkat tinggi, pembelajaran daring

Abstract

Untuk mengendalikan penyebaran penyakit COVID-19 yang sudah berstatus pandemi, sekolah di zona merah dan kuning tidak diizinkan untuk beroperasi secara normal. Kegiatan pembelajaran pun harus beralih ke sistem digital. SMA Kesatuan Bangsa adalah salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring dengan mengoptimalkan penggunaan LMS Google Classroom dan Zoom Meeting. Hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2019/2020 setelah pembelajaran daring diterapkan menunjukkan bahwa siswa SMA Kesatuan Bangsa mengalami penurunan kemampuan menjawab soal-soal yang memiliki level analisis, terutama jika dibandingkan dengan pencapaian ujian tengah semester sebelum masa pembelajaran daring. Pembelajaran daring lebih banyak menggunakan metode yang memfasilitasi gaya belajar visual dan audio serta terbatas dalam menerapkan modalitas kinestetik. Hal ini kemungkinan menjadi penyebab kurang optimalnya perkembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode kinestetik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam pembelajaran daring sistem transpor tumbuhan di kelas XI-A SMA Kesatuan Bangsa. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Siklus pertama menerapkan modalitas audio-visual, sedangkan siklus kedua dan siklus ketiga menerapkan modalitas kinestetik berupa kegiatan praktikum mandiri dan menggambar diagram struktur tumbuhan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada ranah menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) mengalami peningkatan pada siklus 2 (N-gain = 0,2; rendah) dan pada siklus 3 (N-gain = 0,5; sedang). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode-metode yang memfasilitasi modalitas kinestetik berhasil meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran daring sistem transpor tumbuhan di kelas XI-A SMA Kesatuan Bangsa. Dengan demikian, metode pembelajaran kinestetik harus tetap diintegrasikan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanifah, N.2014.Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya.Penerbit UPI PRESS https://books.google.co.id/books?id=SQVKDwAAQBAJ&lpg=PR5&ots=jMBmVuJ1Av&dq=langkah%20penelitian%20tindakan%20kelas&lr&hl=id&pg=PR3#v=onepage&q=langkah%20penelitian%20tindakan%20kelas&f=false (Diakses 13 Oktober 2020)

Kurniawati, I.2014.Pengembangan Media “Woody Puzzle” untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Jaringan Tumbuhan.Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, p.159

Noma, et.al.2016.PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA.Bioedukasi.Vol.9, No.2, hal.62-66

Pantas, A.A. & Hasriddin.2020.The Influence of Student Learning Style of Higher Order Thinking Skill (HOTS) of Cell Structure and FunctionTopic.Jurnal Pelita Pendidikan.vol. 8 no.1, pp.071-079

Sanjaya, W.2016. Penelitian Tindakan Kelas. https://books.google.co.id/books?id=YMtADwAAQBAJ&lpg=PA1&ots=os5SKabny_&dq=penelitian%20tindakan%20kelas&lr&hl=id&pg=PA1#v=onepage&q=penelitian%20tindakan%20kelas&f=false (Diakses 13 Oktober 2020)

Siahaan, Matdio (2020) Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20 (2). http://repository.ubharajaya.ac.id/4842/ (Diakses 13 Oktober 2020)

WHO.2020. Coronavirus disease (COVID-19) pandemic https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019 (Diakses 13 Oktober 2020)

Wuarlela, M.2020.Variasi Metode dan Media Pembelajaran Daring untuk Mengakomodasi Modalitas Belajar.Arbitrer.vol.2, no.2, pp.261—272.DOI: https//doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm261-27

Downloads

Published

2021-12-30