PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI BERORIENTASI PADA PENGIMAJIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE DI KELAS VIII A SMP PASUNDAN 2 BANDUNG

Authors

  • Muchlas Isnan Dzuhrianto Universitas Pasundan
  • Risman Mulyadi Universitas Pasundan
  • Rendy Triandy Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMP Pasundan 2 Kota Bandung Kelas VIII A, yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Materi yang dipelajari selama penelitian adalah kemampuan menulis puisi berorientasi pengimajian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Pasundan 2 Kota Bandung. Pada umumnya peserta didik kurang antusias dan kurangnya partisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model think talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Pasundan 2 Kota Bandung. Hal ini terlihat dari data observasi terhadap peserta didik pada saat penerapan model tersebut mengalami peningkatan persentase aktivitas peserta didik selama pembelajaran dari siklus I hingga siklus III. Hasil prestasi belajar peserta didik kelas VIII A SMP Pasundan mengalami peningkatan. Siklus I peresentasenya adalah 57%. Pada siklus II dan III mengalami peningkatan hasil prestasi belajar dengan peresentase naik masing-masing 72% dan 77,5%. Salah satu keunggulan menggunakan model ini adalah dapat membantu peserta didik dengan mudah menemukan ide-ide yang akan dibuatnya menjadi sebuah puisi dan membantu peserta didik dalam berimajinasi. Didalam model ini terdapat berpikir, berdiskusi  atau berbicara dan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Madya, S. 2011. Penelitian tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah pembelajaran inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Yamin, H. Martinis dan Bansi I.Ansari. 2012. Taktik mengembangkan individu peserta didik. Jakarta: Referensi.

Downloads

Published

2020-12-31