MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN IMAJI PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS VIII A SMP PASUNDAN 3 BANDUNG

Authors

  • Ade Dodi Firmansyah Universitas Pasundan
  • Eggie Nugraha Universitas Pasundan

Keywords:

menentukan imaji menulis puisi, hasil pembelajaran, penelitian tindakan kelas, model Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan imaji menulis puisi kelas VIII A SMP Pasundan 3 Bandung. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik menggunakan model Project Based Learning; (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model Project Based Learning pada siswa kelas VIIII A SMP Pasundan 3 Bandung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan, masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II dan III. Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik kelas VIII A SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran menentukan imaji dalam menulis puisi menggunakan model Project Based Learning di siklus I, II, dan III penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran menentukan imaji dalam menulis puisi menggunakan model Project Based Learning mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2018/2019 setelah menggunakan model Project Based Learning. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2004). Belajar adalah suatu perubahan prilakuakibat interaksi dengan lingkungannya. Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2019/10/ pengertian-definisi-hasil-belajar.html

Arikunto, S. (2013) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badrun, A. (2017) Teori puisi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pndidikan Tinggi.

Hasani, A. (2005) Ihwal menulis. Banten: Untirta Press.

Majid, A., Rochman, C. (2015). Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (202). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Gramedia Pustaka

Saripah, S. R. (2017). Pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan model bergerak ke arah yang dipilih (go to your post) siswa kelas v sekolah dasar negeri 1 kawali kecamatan kawali kabupaten ciamis. jurnal diksatrasia, 1, 76-80.

Sayuti, A. S. (2017) Berkelanalan dengan prosa fiksi. Yogyakarta:Cantrik Pustaka.

Sukardi, (2015). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas implementasi dan pengembangannya. Edisi pertama Cet. Ke-3 Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-12-31