KAJIAN PERBANDINGAN BUAH BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) DENGAN AIR TERHADAP KARAKTERISTIK SPREADABLE PROCESSED CHEESE BLACK MULBERRY

  • Yusman Taufik Universitas Pasundan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menetapkan jumlah buah black mulberry dengan air yang tepat dalam pembuatan spreadable processed cheese black mulberry dengan karakteristik terbaik. Serta meningkatkan daya guna buah black mulberry menjadi bentuk olahan pangan yang awet dan meningkatkan usaha penganekaragaman produk makanan menjadi suatu produk yang dapat diterima oleh masyarakat. Metode penelitian yang dilakukan terdiri penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mendapatkan perbandingan natural cheese dan cheddar cheese yang paling optimal yang akan digunakan. Penelitian utama dilakukan untuk mendapatkan perbandingan buah black mulberry dengan air yang terbaik untuk karakteristik spreadable processed cheese black mulberry. Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari satu faktor dengan 5 taraf. Jumlah perlakuan yang diberikan adalah 4 kali ulangan, yaitu faktor perbandingan buah black mulberry dengan air 2:1; 1,5:0,5; 1:1; 0,5:1,5; dan 1:2. Variable respon pada penelitian ini adalah uji organoleptik meliputi warna; aroma; tekstur; dan rasa. Respon kimia meliputi kadar protein, lemak, air, dan vitamin C. Respon fisik meliputi viskositas. Nilai gizi per sajian dalam 10 gram produk spreadable processed cheese black mulberry  yang terpilih, memiliki energi total 38,86 kkal, protein 1,47 gram, lemak total 2,08 gram, dan karbohidrat total 3,55 gram.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 16, 2020
How to Cite
TAUFIK, Yusman. KAJIAN PERBANDINGAN BUAH BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) DENGAN AIR TERHADAP KARAKTERISTIK SPREADABLE PROCESSED CHEESE BLACK MULBERRY. Pasundan Food Technology Journal (PFTJ), [S.l.], v. 6, n. 3, p. 183-191, jan. 2020. ISSN 2615-1405. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/foodtechnology/article/view/2175>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pftj.v6i3.2175.