Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN



  1. Redaksi menerima naskah untuk dipublikasikan dalam bentuk majalah ilmiah Pasundan Food Technology Journal (PFTJ).

  2. Naskah harus dikirim kepada redaksi Pasundan Food Technology Journal (PFTJ) melalui halaman https://journal.unpas.ac.id/index.php/foodtechnology

  3. Penulis pertama bertanggung jawab terhadap isi artikel dan korespondensi mengenai artikel dialamatkan kepada penulis pertama

  4. Persyaratan pengetikan artikel :


Naskah disusun berdasarkan format yang telah ditentukan


Ditulis dengan spasi tunggal dalam jumlah maksimal 10 halaman



  1. Format penulisan artikel


Aturan Umum









Naskah ditulis dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 10, spasi tunggal, justified dan tidak ditulis bolak-balik pada satu halaman. Naskah ditulis dalam bentuk dua kolom dengan jarak antara kolom 1 cm pada kertas berukuran A4 (210 mm x 297mm) dengan margin atas 3,5 cm, bawah 2,5 cm, kiri dan kanan masing-masing 2 cm.



 


Judul









All caps lock, ukuran huruf 14, bold, centered, maksimal 12 kata Bahasa Indonesia atau 10 kata Bahasa Inggris)


Setelah judul, kosong satu spasi tunggal



 


Nama Penulis (dicantumkan tanpa gelar akademik / jabatan)









Penulis Pertama 1, Penulis Kedua 2, Penulis Ketiga 3


kosong satu spasi tunggal, ukuran huruf 12


1 Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara


(ukuran huruf 10)


2 Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara


(ukuran huruf 10)


3 Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara


(ukuran huruf 10)


kosong satu spasi tunggal


E-mail : penulis@ address.com (ukuran huruf 10)



 


Abstrak









Abstrak (ukuran huruf 12pt,bold)


(kosong satu spasi tunggal)


Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 10, spasi tunggal. Abstrak sebaiknya menyatakan tujuan dari penelitian, prosedur dasar (pemilihan obyek yang diteliti, metode pengamatan dan analisis), meringkaskan isi dan kesimpulan dari naskah serta tidak berisi acuan atau tidak menampilkan persamaan dengan jumlah kata tidak melebihi 250 kata.


(kosong dua spasi tunggal dilanjutkan dengan Abstrak dalam bahasa inggris, kosong satu spasi tunggal, dilanjutkan dengan keyword)


Keywords : maksimum 5 kata kunci ditulis dalam bahasa Inggris (ukuran huruf 10pt)



 



  1. Pendahuluan









Berisi latar belakang dan sitasi kepustakaan



 



  1. Bahan dan Metode Penelitian









Menginformasikan jenis penelian, misalnya survey atau eksperiment, menginformasikan faktor yang diteriti, respon, tahapan dan metode penarikan kesimpulan.



 


III. Hasil dan Pembahasan









Tabel ditulis dengan Times New Roman berukuran 10 pt dan diletakkan berjarak satu spasi tunggal di bawah judul tabel. Judul tabel ditulis dengan huruf  berukuran 9 pt bold dan ditempatkan di atas tabel dengan format seperti terlihat pada contoh. Penomoran tabel menggunakan angka Arab. Jarak tabel dengan paragraf adalah satu spasi tunggal. Tabel diletakkan segera setelah penunjukkannya dalam naskah. Kerangka tabel menggunakan garis setebal 1 pt. Apabila tabel memiliki lajur yang cukup banyak, dapat digunakan format satu kolom pada setengah atau satu halaman penuh. Jika judul pada setiap lajur tabel cukup panjang dan rumit maka lajur diberi nomor dan keterangannya diberikan di bagian bawah tabel.


Gambar ditempatkan simetris dalam kolom berjarak satu spasi tunggal dari paragraf. Apabila ukuran gambar melewati lebar kolom maka gambar dapat ditempatkan dengan format satu kolom. Gambar diletakkan segera setelah penunjukkannya dalam naskah. Gambar diberi nomor dan diurut dengan angka Arab. Keterangan gambar diletakkan di bawah gambar dan berjarak satu spasi tunggal dari gambar. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf berukuran 9pt, bold. Jarak keterangan gambar dengan paragraf adalah dua spasi tunggal. Gambar yang telah dipublikasikan oleh penulis lain harus mendapat ijin tertulis penulisnya dan penerbitnya. Gambar akan dicetak hitam-putih.



 



  1. Kesimpulan









Kesimpulan tidak dibuat dalam bentuk bab tapi titulis dibagian akhir tulisan sebelum daftar pustaka



 



  1. Ucapan Terimakasih (Bila Perlu)


 



  1. Daftar Pustaka









Daftar pustaka disusun secara alphabetis menggunakan system Harvard


CONTOH :


Artikel dalam jurnal


1. Bilhaut. Guerison d’un pounce par un noueau procede operatoire. Congres Francais de Chirurgie 1998; 4: 576-580.


 


Informasi dari internet, publikasi elektronik


2. Favier JJ, Camel D. Enforcement of data in medical information. In: Lun KL, editor. Proceedings of the Eight International Conference on Medicine; York,UK, 1986 Sept 8-10


 


Skripsi, Tesis, Disertasi


3. Badu SB. Pengetahuan Ibu Atas Gizi Balita di Daerah Beji Depok. Skripsi Sarjana. Jurusan Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Indonesia, 2001. Patent


 


Monograf,  buku, artikel Koran/majalah, laporan


4. Adams MJ, Briscoe BJ, Sinha SK, editors, Dissipative Processes.    Amsterdam: Elsevier, 1994. 14. Taleisnik J. The Wrist. 2nd ed. New York: Churchill Livingstone, 1985: 15-20.