KEEFEKTIFAN SOCIAL MEDIA MARKETING PADA TIKTOK DI PERUSAHAAN GROUNDS STUDIO BANDUNG DALAM MENEMBUS PASAR INTERNASIONAL

Authors

  • Lasya Aulia Lasya Aulia Lasya Aulia
  • Kurnia Khafidhatur Rafiah, ST.,MM

DOI:

https://doi.org/10.23969/bp.v6i1.7192

Keywords:

marketing, social media, tiktok

Abstract

Grounds Studio melakukan pemasaran dengan menggunakan social media marketing TikTok yang dinilai kurang optimal dan tidak konsisten. Sedangkan produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan daya tarik yang cukup untuk menembus pasar intermnasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan social media marketing pada TikTok di perusahaan Grounds Studio Bandung dalam menembus pasar internasional. Analisis yang digunakan pada penelitian ini diantaranya, perancangan konten (design thinking), analisis konten, pengukuran keefektifan dengan menggunakan three layers of social media analysis dan analisis TOWS, dengan objek penelitian yaitu TikTok @grounds.studio. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa TikTok efektif dalam menembus pasar internasional. Tetapi, ditemukan bahwa konten yang dimiliki akun TikTok @grounds.studio masih kurang optimal dalam menembus pasar internasional yang diperoleh dengan pengukuran keefektifan menggunakan three layers of social media analysis yang terdiri atas media analysis, conversation analysis dan network analysis. Selain itu, analisis TOWS digunakan untuk memaksimalkan keefektifan dengan menggunakan beberapa strategi diantaranya, membuat peluang dalam mempercepat traffic dengan fitur TikTok ads, memproduksi konten video di TikTok secara rutin dengan memperlihatkan konten yang bermanfaat, edukatif, serta memberikan konten hiburan sehingga audiens tertarik dan penasaran terhadap produk Grounds Studio dalam menembus pasar internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01