Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Tulisan akan diterima dengan aturan sebagai berikut



  1. Naskah harus disampaikan secara online melalui situs web jurnal. Penulis harus login untuk membuat pengajuan. Pendaftaran online tidak dikenakan biaya.

  2. Naskah ditulis menggunakan Microsoft Word (doc/doc) dengan margin atas dan bawah adalah 1, 78 cm dan margin kiri dan kanan 1,65cm.

  3. Judul maksimal 15 kata: hurup besar untuk awal kata dan kecil untuk kata sambung, posisi judul berada di tengah, tebal, hurup Times New Roman ukuran 24 dengan spasi tunggal.

  4. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

  5. Abstrak tidak memuat gambar, grafik maupun tabel.

  6. Abstrak ditulis dengan spasi tunggal yang terdiri dari 100 sampai 200 kata.

  7. Kata kunci, empat atau lima kata, dipisahkan dengan koma dan spasi tunggal.

  8. Badan Naskah:

  9. Ditulis dalam dua kolom, ukuran spasi 1, baris pertama indent 5mm

  10. Terdiri darri empat bagian utama: Pendahuluan, Konten Utama (Metode/bahan dll), Hasil dan diskusi dan kesimpulan, ucapan terima kasih pada sponsor (jika ada) dan Daftar Pustaka.

  11. Subjudul harus dibuat dalam tiga tingkat.

  12. Subjudul 1: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran hurup 11, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan angka romawi, diikuti dengan titik (misalnya I. PENDAHULUAN).

  13. Subjudul 2: rata kiri, hurup Times New Roman ukuran 11, spasi tunggal, urutan subjudul menggunakan braket terbuka, misalnya; 1) Percobaan Lapangan.

  14. Gambar dan tabel dalam naskah warna hitam dan putih, harus terbaca dengan jelas dan proporsional ke halaman secara keseluruhan serta diberi nomor dengan urutan hurup 10 spasi tunggal . untuk tujuan pembuatan layout, harap memberikan file dengan ekstensi .tif/.jpeg/.jpeg dalam folder tertentu terpisah dari naskah.

  15. Persamaan matematika harus ditulis secara jelas, nomor urut persamaan menggunakan dua kurung kiri kanan, contoh: (1). Disamping itu juga disertai dengan informasi yang diperlukan.

  16. Tidak harus menggunakan Header dan footer. Semua link hypertext dan bookmark bagian akan dihapus dari kertas. Jika perlu mengacu pada alamat email internet dan URL dalam makalah dan harus mengetikan alamat atau URL lengkap dalam hurup Reguler

  17. Citasi dan Referensi ditulis sesuai dengan gaya APA

  18. Wikipedia, blog pribadi, atau website non-ilmiah tidak diperhitungkan

  19. Referensi utama minimal 80% dari minimal sepuluh referensi.

  20. Referensi diambil dalam lima tahun terakhir.

  21. Penulisan daftar pustaka mengikuti Harvard Format APA Style. Berikut ini beberapa ketentuannya:

  22. Buku


Nama belakang pengarang, inisial depan. (tahun penerbitan). Judul buku (Edisi-jika lebih dari satu edisi).Tempat diterbitkan: Penerbit.


Yang perlu diperhatikan adalah judul buku yang dituliskan secara italic dengan penggunaan hurup kapital mengikuti standar penulisan kalimat. Jumlah pengarang yang boleh didaftarkan disuatu referensi maksimal berjumlah enam. jika pengarang berjumlah lebih dari enam maka pengarang ketujuh dan selanjutnya dituliskan