ANALISIS MARJIN DAN EFISIENSI SALURAN PEMASARAN PETANI JAGUNG DI KABUPATEN PAMEKASAN MADURA
DOI:
https://doi.org/10.23969/bp.v6i1.6891Keywords:
marjin, saluran pemasaran, pertanian, jagungAbstract
Industri pertanian merupakan sektor vital bagi kelangsungan pangan Indonesia. Hasil dari industri pertanian merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hasil pertanian seperti beras, padi, gandum, dan singkong merupakan sumber karbohidrat paling dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk di konsumsi. Dari banyaknya tanaman pangan yang di kembangkan di industri pertanian, jagung merupakan salah satu produk pertanian yang cenderung mudah untuk dibudidayakan. Penelitian ini di laksanakan di Madura Jawa Timur. Madura yang mayoritas lahan kering, cocok untuk budidaya jagung. Penilitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis yang merupakan gabungan dari metode deskriptif dan metode analitis. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penetuan sampel menggunakan purposive sampling yang mana sampel yang di gunakan di tentukan dengan sengaja. Sampel yang digunakan yaitu 30 petani jagung yang masih aktif melakukan kegiatan pemasaran jagung. Penelitian ini menganalisa marjin yang di peroleh petani dan saluran paling efisien yang digunakan oleh petani.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-04-01
Issue
Section
Articles