Strategi Pemasaran Produk Rotan Dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV Modena Rattan Cirebon

  • Didin Saprudin Universitas Pasundan

Abstract

Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimana gambaran umum perusahaan. (2) Bagaimana strategi pemasaran CV Modena. (3) Bagaimana analisis penerapan komponen strategi pemasaran meningkatkan penjualan. (4) Hambatan dan usaha yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran. Tujuan penelitian adalah (1) Gambaran umum pada perusahaan. (2) Strategi pemasaran yang dilakukanperusahaan. (3) Analisis penerapan komponen strategi pemasaran meningkatkan penjualan. (4) Hambatan dan usaha yang dihadapi perusahaan menjalankan strategi pemasaran. Objek penelitian ini yaitu CV Modena Rattan Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) CV Modena Rattan Cirebon merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture rattanberdiri sejak tahun 2012. (2) Strategi pemasaran yang diterapkan yaitu melakukan pameran internasional di Jakarta, membuat website perusahaan untuk media promosinya, dan melakukan kunjungan kepada konsumen yang berada di Indonesia. (3) Penerapan strategi pemasaran telah menerapkan empat komponen yaitu segmentasi, targeting, positioning, dan differentiation. Strategi pemasaran yang paling efektif yaitu komponen segmentasi dengan cara pemasarannya melaksanakan pameran internasional di Jakarta. (4) Hambatan dalam menjalankan komponen strategi pemasaran yaitu hambatan internal pandemi covid-19, kapasitas karyawan dibatasi hanya sekitar 50%-70% karyawan, suplay bahan baku terhambat, bahan bakuterus meningkat. Hambatan eksternal pasar tujuan ekspor menurun tingkat konsumsinya, biaya transportasi meningkat, kelangkaan kapal kargo terbatas, tidak adanya pameran internasional selama covid-19. Usaha dalam menjalankan komponen strategi pemasaran yaitu internal melakukan efesiensi internal perusahaan, membuat desain produk yang terbaru, memodifikasi produk menjadi yang terbaru. Usaha eksternal mencari konsumen baru.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2022
How to Cite
SAPRUDIN, Didin. Strategi Pemasaran Produk Rotan Dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV Modena Rattan Cirebon. Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 15 - 30, mar. 2022. ISSN 2656-9361. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/businesspreneur/article/view/5252>. Date accessed: 17 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/bp.v4i1.5252.